Keakraban dengan Gibran dan Relawan Dinilai sebagai Sinyal Restu Jokowi ke Prabowo

Prabowo menyanyi di sela pertemuan dengan relawan Gibran dan Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

Jakarta – Pertemuan bakal calon presiden Prabowo Subianto dengan relawan Presiden Joko Widodo dan putranya Gibran Rakabuming Raka dinilai menjadi sebuah sinyal dukungan kuat jelang Pilpres 2024.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin. Menurut Ujang, diterimanya Prabowo di lingkup relawan Jokowi dan Gibran mengisyaratkan dukungan penuh bagi Menteri Pertahanan tersebut. 

“Ini adalah bentuk sinyal dukungan restu Jokowi kepada Prabowo,” kata Ujang dikutip Jumat, 11 Agustus 2023.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Menurut Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Jakarta ini, keakraban dan kebersamaan yang diperlihatkan relawan Jokowi dan Gibran kala bertemu dengan Prabowo menandakan hal positif menuju Pilpres 2024 mendatang. 

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama relawan Jokowi dan putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq.
Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Ia juga meyakini Prabowo terus didorong oleh keluarga besar Presiden Jokowi untuk meneruskan kepemimpinan Indonesia selanjutnya.

“Saya melihat soal Prabowo joget dengan relawan Gibran dan Jokowi ya ini merupakan bentuk keakraban dan dukungan Jokowi dan keluarga Jokowi kepada Prabowo,” tutur Ujang. 

Masyarakat menilai kedekatan ini mencirikan adanya sinyal dukungan yang kuat. Hal itu perlahan-lahan berimbas pada elektabilitas Prabowo. 

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023, dalam simulasi tiga nama bakal capres, Prabowo ada di peringkat pertama dengan total suara sebesar 36,8 persen. Kemudian bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo dengan 35,7 persen dan bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dengan 21,5 persen. 

Lantaran itu, Ujang meyakini intensnya pertemuan Prabowo dengan relawan Jokowi dan Gibran, serta Prabowo dengan Gibran di beberapa kesempatan, semakin menguatkan adanya restu Presiden Jokowi kepada Prabowo jelang kontestasi Pilpres mendatang.  “Ini kelihatannya semakin jelas arah-arah dukungannya Jokowi,” kata Ujang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya