Atraksi Helikopter TNI AU Senam Gemu Famire Bikin Iriana Jokowi Ikutan Joget

Ibu Negara Iriana Jokowi asyik berjoget tarian Gemu Fa Mi Re saat HUT RI ke-78
Sumber :
  • Youtube Setpres

Jakarta – Upacara peringatan Detik-Detik Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, turut dimeriahkan atraksi Garuda Flight TNI Angkatan Udara (AU). 

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Gemuruh mesin 10 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU yang melintas membentuk formasi itupun membuat takjub para hadirin upacara. Tak terkecuali Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Maruf Amin serta para pejabat teras dan tamu undangan lainnya.

Beberapa menit, 10 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon itu beratraksi di atas 1000 ketinggian kaki di atas permukaan tanah. Sehingga tampak jelas dari halaman Istana Merdeka, Jakarta. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Ditampilkan juga Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang melakukan manuver-manuver ciamik diatas istana. Terlihat Presiden Jokowi antusias senyum senyum menatap langit menyaksikan tarian pesawat tempur di udara. 

Selain itu juga empat helikopter Colobri oleh tim Dinamic Pegasus TNI AU yang beberapa kali melakukan manuver break off dan pegasus cross di depan Presiden dan masyarakat di Istana.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Manuver Helikopter Pegasus TNI AU joget lagu Gemu Fa Mi Re (Maumere)

Photo :
  • Youtube Setpres

Bahkan keempat helikopter tersebut melakukan manuver menari Gemufamire dengan diiringi lagu Gemu Fa Mi Re. Para masyarakat pun tampak antusias dengan memberikan tepuk tangan dan beberapa teriakan.

Goyangan tersebut tidak hanya dinikmati oleh masyarakat yang hadir. Terpantau, Ibu negara, Iriana Joko Widodo juga ikut asyik gergoyang. Bahkan sebagian menteri kabinet dan pejabat TNI dan Polri turut berjoget mengikuti tarian Gemu Fa Mi Re.

Atraksi ditutup ucapan selamat HUT 78 RI oleh Letkol Penerbang Pandu Eka Prayoga dari ruang kokpit. 

"Kami Elang-elang angkat udara penjaga tanah air dari ketinggian 1000 kaki mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Terus Maju untuk Indonesia Maju. Salam Swa Bhuwana Paksa," kata Komandan Udara III dari Lanud Iswayudi Madiun itu. 

Diketahui, atraksi udara untuk HUT Ke-78 RI melibatkan 10 pesawat tempur F-16 TNI AU, enam pesawat latih KT-1B Wongbee TNI AU, lima helikopter Colibri TNI AU, satu pesawat Boeing 737 TNI AU, dan delapan helikopter dari tiga matra TNI yang terdiri atas dua helikopter Caracal TNI AU, helikopter Apache TNI Angkatan Darat, helikopter dari TNI Angkatan Laut dan helikopter dari Polri.

Manuver Helikopter Pegasus TNI AU joget lagu Gemu Fa Mi Re (Maumere)

Photo :
  • Youtube Setpres

Atraksi diawali oleh 10 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang berasal dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi di Magetan, Jatim. Para penerbang pesawat tempur itu bakal membentuk formasi yang dinamakan Diamond and Bomburst. 

Kemudian, delapan helikopter dari tiga matra TNI yang terbagi dalam dua bagian terbang membawa dua bendera Merah Putih berukuran besar.

Atraksi berlanjut dengan aksi akrobatik dari Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang menerbangkan pesawat latih KT-1B Wongbee. Ada enam manuver udara yang ditampilkan, yaitu Half Cuban, Five Card Loop, Cross Over Brake, Jupiter Wheel, Screw Roll, dan manuver Love and Bomburst.

Kemudian, Dynamic Pegasus lanjut menampilkan dua fase atraksi, yaitu manuver udara Break Off dan Pegasus Cross (fase pertama) dan Windmill, Gemufamire dan Pegasus Kiss (fase kedua).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya