Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Muarabinuangeun Banten, Terasa hingga Tangerang dan Jakarta

Gempa dengan kekuatan yang dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,7 mengguncang wilayah Banten pada pukul 11:28 WIB Kamis, 17 Agustus 2023.
Sumber :
  • Dok. BMKG

Banten – Gempa dengan kekuatan yang dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,7 mengguncang wilayah Banten pada pukul 11:28 WIB, Kamis, 17 Agustus 2023. Berdasarkan data BMKG, gempa berada di titik 96 kilometer barat daya, Muarabinuangeun, Banten. Lokasi gempa tersebut berada di titik 7.62 Lintang Selatan, 105,51 Bujur Timur.

BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas di Indonesia: Bukan Gelombang Panas

"Pusat gempa berada di laut 96 km Barat Daya Muarabinuangen," tulis BMKG lewat twitter resminya.

Gempa tersebut memiliki kedalaman 60 kilometer. Dari laporan BMKG, wilayah yang merasakan gempa antara lain Bandung, Cikembar hingga Bogor.

Gunung Ile Lewotolok Terjadi 94 Kali Gempa Embusan, Menurut Pos Pengamatan

Guncangan gempa nyatanya cukup terasa di wilayah Tangerang. Salah satunya, pada pasien rumah sakit di kawasan Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Ilustrasi gempa bumi.

Photo :
  • Freepik
Badan Geologi Catat Masih Ada Erupsi Kecil dan Potensi Bahaya Gunung Ruang

Salah satu pasien, Linda mengatakan, guncangan gempa dirasakannya di dalam kamar perawatan lantai lima.

"Cukup terasa, sekitar 2 detik, sempat kaget, namun semua aman saja. Petugas tadi juga ngecek pasien, dan kita aman semua," katanya.

Namun, hal itu tidak dirasakan oleh para warga di kawasan Pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang, Kecamatan Tigaraksa. Di mana, warga yang memenuhi pusat pemerintah itu masih bergembira dalam pesta rakyat memperingati HUT RI ke 78.

"Tadi sempat baca info, ada gempa di Banten. Tapi di sini enggal terasa. Jadi, kita biasa-biasa aja dan tetap ikuti pesta rakyat," kata salah satu pengunjung pesta rakyat HUT RI, Ruhmana.

Terasa di Gedung Bertingkat Jakarta

Sementara itu, Yanti (24) salah seorang karyawan Swasta di kawasan SCBD Jakarta Selatan mengatakan gempa terasa di atas gedung selama beberapa detik di Lantai 8.

“Tadi berasa kelihatan jam dinding geser, guncangan kecil beberapa detik.” ujarnya, Kamis, 17 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya