Upacara HUT RI ke-78 di IKN Berlangsung Khidmat, Berlokasi di Bakal Istana Presiden

Upacara peringatan HUT RI ke-78 di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kaltim
Sumber :
  • Youtube Otorita IKN

Penajam Paser Utara – Upacara Kemerdekaan Indonesia ke 78 di Ibu Kota Nusantara (IKN) berlangsung penuh haru. Dilaksanakan tepat di lokasi sumbu kemerdekaan, para peserta upacara diajak melihat langsung progres pembangunan IKN, di wilayah Istana Presiden yang tengah dibangun di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Kutai Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis, 17 Agustus 2023.

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Tampak bangunan calon Istana Presiden menjadi latar di belakang tempat upacara. Bertugas sebagai Inspektur upacara, Kepala Badan Otorita IKN, Bambang Susantono tampak mengenakan jas berwarna putih. Didampingi seluruh jajaran Deputi Badan Otorita IKN.

"Kenapa lokasinya di tengah? Karena kita ingin membangkitkan spirit membangun IKN," kata Bambang.

Sukanto Tanoto Disiapkan Lahan Investasi di IKN, Initip Gurita Bisnisnya

Upacara peringatan HUT RI ke-78 di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kaltim

Photo :
  • Youtuber Otorita IKN

Bambang menjelaskan tema yang diambil adalah ’Satu Tekad Menyongsong IKN.' Bukan tanpa alasan, tema tersebut merupakan tanda kesiapan Badan Otorita dalam menyambut kedatangan IKN.

Polri Bakal Pindahkan Personel ke IKN Mulai Pertengahan 2024

"Kita sudah siap, spirit ini menandakan tahun depan berpindahnya ibu kota dari Jakarta ke ke IKN," paparnya.

Saat ini, lanjut dia, pembangunan IKN sudah memasuki tahap baru. Progres perkembangannya signifikan dan sesuai target. "Tahun depan, IKN siap pindah," ujarnya.

Dia optimis IKN sebagai ibu kota negara baru, menjadi salah satu langkah strategis dalam memastikan Indonesia muncul sebagai negara maju yang diakui dunia. 

"Kami percaya bahwa, IKN dapat menjadi model pembangunan berkelanjutan yang mencerminkan nilai-nilai inklusivitas, keberlanjutan dan berbasis teknologi," sebutnya.

Dia berharap, dengan intergrasi infrastruktur modern, energi baru terbarukan serta teknologi digital, IKN dapat menjadi pilar utama dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Sementara itu Ketua Panitia , Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi menyebut upacara kemerdekaan tahun 2023 di IKN berbeda dari tahun sebelumnya.

"Tahun kita berbeda, tahun 2022 lalu upacara di titik 0, kalau tahun ini kita upacara di lokasi Istana Presiden di tengah pembangunan ibu kota," pungkasnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya