Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Dibawa Pakai Kereta Kencana

Kereta Kencana yang sebelumnya membawa bendera pusaka.
Sumber :
  • tvOne

Jakarta – Kirab budaya Bendera Pusaka dalam rangka upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023, kini telah memasuki lapangan upacara di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Bendera Pusaka dibawa dengan Kereta Kencana Ki Jaga Rasa.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Kirab budaya ini digelar dari Monas ke Istana Merdeka. Kirab budaya sudah dimulai sejak pukul 08.10 WIB. Pembawa bendera pusaka tampak menaiki Kereta Kencana Ki Jaga Rasa. Purna-Paskibraka tahun 2022, yakni Ghania Taufiqa Salma Wibowo yang membawa duplikat bendera dan Ayumi Putri Sasaki yang membawa teks proklamasi.

Kereta itu tampak ditarik enam ekor kuda. Selain itu, terdapat delapan ekor kuda yang mengawal kereta kencana. Rute kirab bendera dimulai dari kawasan Monas menuju Istana Negara. Di belakang kereta, terdapat ratusan orang mengenakan berbagai busana adat dari seluruh Indonesia. Pasukan drum band TNI, juga kepolisian, mengiringi proses kirab.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Paskibraka 2023

Photo :
  • VIVA/Farhan

Sementara itu, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada HUT RI ke-78 pada Kamis, 17 Agustus 2023, telah ditentukan. Tim Indonesia Maju, demikian nama yang disematkan, didaulat untuk bertugas pada upacara tersebut.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Informasi diterima dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, berikut para petugas upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, hari ini:

Lilly Indriani Suparman Wenda yang merupakan perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan Provinsi Papua, terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini, ia menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Mar Ganteng Prakoso. Saat ini, ia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Pria kelahiran 10 Februari 1967 tersebut, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

Paskibraka 2023 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 15 Agustus 2023, di Istana Negara, Jakarta. Sebanyak 76 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya