HUT RI ke-78, Presiden Jokowi Gunakan Baju Daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng

Pakaian Adat Presiden Jokowi di HUT RI ke-78
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo, menggunakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng,   dalam Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pada HUT RI ke-78, di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 17 Agustus 2023.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yang artinya saat dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat. 

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Menggunakan pakaian adat, kerap kali dilakukan oleh Presiden Jokowi, selama menjabat sebagai Presiden RI dalam peringatan-peringatan seperti HUT RI ini. Kemarin, dalam Pidato Kenegaraan di MPR/DPR/DPD RI, Presiden juga menggunakan baju adat Tanimbar Maluku.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat mengunggah di akun media sosialnya. Masyarakat diminta untuk menebak, pakaian adat apa di HUT RI ke-78 yang digunakannya.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"Selamat pagi. Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia besok akan lebih meriah. Masyarakat ikut terlibat serta mengikuti kegiatan perayaan di istana. Selain Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, akan ada pertunjukan musik dan lagu, atraksi pesawat udara, dan lain-lain," tulus Jokowi di akun instagram pribadinya @jokowi seperti dikutip VIVA, Rabu, 16 Agustus 2023.

Peringatan hari kemerdekaan di Istana Merdeka, kata Jokowi, akan dilaksanakan lebih pagi. Selain itu pula, para peserta dan undangan yang datang ke Istana akan memakai busana nasional dari berbagai daerah.

Presiden Jokowi juga menyinggung soal baju adat yang akan dipakai untuk acara peringatan hari kemerdekaan besok. Ia meminta agar masyarakat menebak baju adat apa yang akan dikenakannya.

"Oh ya, setahun lalu, saya menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 RI dengan baju Dolomani dari Sulawesi Tenggara. Ayo tebak, besok saya akan mengenakan busana daerah mana?" tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya