Profil Kapten Mar Ganteng Prakoso, Komandan Kompi Paskibraka di HUT RI ke-78 di Istana

Komandan Kompi Paskibraka Kapten Mar Ganteng Prakoso
Sumber :
  • Youtube Setpres

VIVA – Kamis, 17 Agustus 2023 menjadi hari bersejarah dengan Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara, yang menampilkan Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dengan tugas penting mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Tim yang diutamakan untuk tugas ini dinamai Tim Indonesia Maju.

Kapten Timnas Indonesia U-23 Sambut Baik Kembalinya Nathan Tjoe-A-On

Paskibraka Tim Indonesia Maju sukses menjalankan tugasnya saat upacara HUT RI ke-78 yang digelar di Istana Merdeka hari ini. Kesuksesan upacara juga tak luput dari pemimpin dari tim Paskibraka ini yaitu Kapten Mar Ganteng Prakoso. Seperti apakah sosoknya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kami sajikan informasi selengkapnya.

Sosok Kapten Mar Ganteng Prakoso

Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Kapten Mar Ganteng Prakoso

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Kapten Mar Ganteng Prakoso merupakan Komandan Kompi Paskibraka Tim Indonesia Maju pada upacara HUT RI ke-78 di Istana Negara, 17 Agustus 2023.

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Dikutip dari laman Presiden RI, Saat ini ia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar. Dilahirkan di Tegal, Jawa Tengah pada 12 November 1988, Kapten Mar kini berusia 34 tahun. Beliau merupakan lulusan dari Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 59 pada tahun 2014. 

Dari informasi yang dihimpun, pada 17 April 2017, di Pantai Marines Eco Park (MEP) Mako Brigif-3 Mar Piabung Padang Cermin Pesawaran Lampung, Ganteng Prakoso, yang saat itu berpangkat Letda, mengikuti Latihan Pemantapan (Lattap) untuk Danton.

Sosok penting dalam upacara HUT RI ke-78

Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan, Komandan Upacara Peringatan HUT RI ke-78

Photo :
  • Youtube Setpres

Tak hanya Kapten Mar Ganteng Prakoso yang memainkan peran penting dalam upacara tersebut. Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan, yang kini menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad, ditunjuk sebagai Komandan Upacara

Sementara Brigjen TNI Arkamelvi Karmani, lahir pada 10 Februari 1967 dan kini berposisi sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta, menjadi Perwira Upacara.

Paskibraka 2023 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 15 Agustus 2023, di Istana Negara, Jakarta. Sebanyak 76 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia. Dan tadi pagi, upacara digelar dengan lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya