4 Strategi PAN Majukan UMKM Guna Tingkatkan Perekonomian

Kader PAN (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Salah satu fokus Partai Amanat Nasional (PAN) dalam menyejahterakan masyarakat adalah dengan meningkatkan perekonomian. Upaya yang ditempuh PAN adalah dengan memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

OJK dan MUI Sepakat Perkuat Sektor Jasa Keuangan Syariah hingga Perlindungan Konsumen

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Jember, Abdus Salam Alamsyah mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM. Oleh sebab itu PAN menghadirkan beragam program untuk memajukan UMKM.

"Saya sudah memantapkan diri untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui PAN bisa memperjuangkan khususnya pelaku UKM untuk meningkatkan perekonomian di berbagai wilayah," kata Abdus dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 20 Agustus 2023.

Hipmi Sebut Capaian Ekonomi Kuartal I Jadi Modal Baik Hadapi Tantangan Global

Ilustrasi produk UMKM.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Salah satu upayanya dengan menghadirkan sinergi empat pilar UMKM yang digagas oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan. Melalui empat pilar tersebut, sejumlah tantangan yang kerap dihadapi UMKM dapat dibantu.

Ekonomi RI Kuartal I Tumbuh 5,11 Persen, Aprindo: Cukup Kondusif bagi Peritel 

Pilar pertama mendorong UMKM menjadi terbuka terhadap perubahan, inovatif dan punya kemauan berkembang melalui berbagai pelatihan. Pilar kedua adalah membuka sinergi antara lokapasar (marketplace) dengan UMKM. 

Pilar ketiga, membangun kemitraan ritel modern dengan agar produk UMKM dapat masuk. Pilar keempat, membantu pemberian akses lembaga pembiayaan atau perbankan kepada pelaku UMKM.

Tujuan utama dari semua langkah tersebut adalah stimulus agar UMKM dapat berkembang dan menyerap tenaga kerja. Dengan begitu, UMKM dapat berkontribusi secara optimal bagi perputaran ekonomi di daerah.

"Jangan sampai ada masyarakat di daerah yang kesulitan ekonomi, dan jangan sampai ada yang bingung mencari kerjaan, karena PAN siap membantu itu semua," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya