Ratusan Pelaku UMKM di Bekasi Ikuti Penyuluhan Sertifikasi Halal dan Penerbitan NIB

Ratusan pelaku UMKM ikut penyuluhan sertifikasi produk halal dan penerbitan NIB
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jawa Barat – Relawan Ganjar Pranowo yang berjejaring dalam Mak Ganjar Jabodetabek, memberikan penyuluhan sertifikasi halal dan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk ratusan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Bekasi. Evy Nafisah selaku Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jabodetabek mengatakan, bantuan penerbitan NIB itu dilakukan untuk mengedukasi dan mempermudah pelaku UMKM dalam mendapatkan akses permodalan usaha. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

"Alhamdulillah program yang berkaitan dengan sertifikasi halal dan izin untuk usaha ini harapan ibu-ibu memang. Karena bagaimana pun, ke depan usaha kami akan semakin tertib, termasuk dalam rangka mendapatkan pinjaman lunak," ujar Evy di Lapangan Koda Futsal, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu 19 Agustus 2023. 

Ilustrasi pelaku usaha UMKM.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Evy menyampaikan, bantuan untuk para pelaku UMKM itu terinspirasi dan termotivasi dari Ganjar Pranowo yang meluncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro di Jawa Tengah dengan bunga hanya 3 persen pertahun. Dengan kebijakan tersebut, Jawa Tengah berhasil menjadi daerah dengan penyalur KUR terbesar se-Indonesia pada tahun 2022 dengan nilai penyaluran KUR mencapai Rp55,27 triliun. 

"Di Jawa Tengah sendiri untuk ibu-ibu yang bergerak di bidang usaha itu pinjaman yang di bank biasa 12 persen setahun, di Jawa Tengah itu 3 persen, mudah-mudahan ini tersosialisasi ke seluruh Indonesia," kata Evy. 

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Adapun bantuan yang diberikan Mak Ganjar Jabodetabek dilakukan dengan memberikan surat dan nomor NIB yang telah terhubung dalam Online Single Submission atau OSS yang dikelola Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). 

Dengan adanya surat dan nomor NIB yang diberikan, para pelaku UMKM nantinya akan lebih mudah mendapatkan akses modal dengan bunga rendah. Dengan demikian, iklim usaha khususnya UMKM akan lebih tertib. 

Evy menambahkan, dengan diadakannya kegiatan tersebut lapangan pekerjaan akan semakin bertambah sehingga banyak para pelaku usaha yang lahir dan menghidupkan ekonomi kerakyatan. 

"Jadi kami juga menggerakkan ibu-ibu ini bagaimana pun kita berharap anak cucu mereka nanti mudah-mudahan dengan murahnya mendapatkan modal usaha, mudahnya mendapatkan pekerjaan terutama bagi anaknya ke depan semoga bisa menjadi teladan," jelas Evy. 

"Ini juga salah satu perjuangan kita juga, karena nanti kalau ada pinjaman-pinjaman kan ini persyaratan ini jangan sampai mereka tertinggal informasinya," lanjut Evy. 

Ilustrasi UMKM.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Erli Marlina, salah satu penerima surat NIB dari Mak Ganjar mengaku sangat terbantu untuk usaha yang dilakoninya yakni ABC Massage. Erli menyebut semakin tenang dalam menjalani usaha massage untuk bayi itu. 

"Bagus sekali, saya merasa terbantu karena selama ini saya juga belum tahu harus bagaimana membuka massage bayi di rumah, setelah ada ini gratis saya merasa terbantu sekali, jadi untuk melengkapi surat-surat saya juga," ungkap Erli. 

Dia melanjutkan, kegiatan yang diadakan pendukung Ganjar Pranowo itu sangat positif dan bermanfaat untuk pelaku UMKM sepertinya yang ingin mendapatkan akses modal dengan bunga rendah. 

Erli meyakini, usahanya akan semakin maju dan berkembang setelah mendapatkan NIB. "Pokoknya diapresiasi. Kalau bisa terus berkelanjutan mencakup keseluruhan. Jadi supaya bisa memasyarakatkan semua jadi bisa terbantu. Harapannya setelah ada bantuan ini nanti usaha saya bisa semakin maju, semua surat-surat lengkap dan resmi jadi saya merasa tenang untuk membantu orang-orang pijat bayi," ucap Erli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya