Rangkul Berbagai Kalangan, Prabowo Dinilai Jadi Sosok Capres Moderat

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta – Figur Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat ini dinilai sudah berubah menjadi sosok yang merangkul berbagai macam kalangan. Hal itu dikemukakan Peneliti Indikator Politik Indonesia, Kennedy Muslim.

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Menurut dia, sebagai pemimpin yang terbuka, Prabowo berhasil menjadi bakal calon presiden (capres) moderat atau ‘jalan tengah’.

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia periode 15-21 Juli 2023, Prabowo berpeluang besar mendapatkan limpahan suara, baik dari pendukung bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo dan bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan jika salah satu dari kedua nama tersebut gagal melaju ke putaran berikutnya. 

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Prabowo Subianto di acara Relawan Prabu bersama Budiman Sudjatmiko di Semarang

Photo :
  • FB Valerie Yudistira Pramudya

“Ini tidak terlepas dari strategi Pak Prabowo sebagai kandidat ‘jalan tengah’ yang menurut analisa simulasi data survei kami paling bisa diterima oleh pendukung kedua capres lainnya,” kata Kennedy,  Sabtu, 19 Agustus 2023. 

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

“Baik pendukung Anies ataupun Ganjar apabila salah satu gagal maju ke putaran kedua efektif dalam memastikan keunggulan apabila Pilpres 2024 nanti berlangsung dua putaran,” ujarnya. 

Bila ditelisik secara lebih mendalam dari survei teranyar yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia dengan simulasi head to head, Prabowo terbukti mengandaskan elektabilitas yang dimiliki Ganjar dan  Anies. 

Jika dalam Pilpres 2024 mendatang hanya mensimulasikan dua nama saja yakni, Prabowo dan Ganjar, maka orang nomor satu di Partai Gerindra itu sukses meraup keunggulan terbesar dengan total suara mencapai 47,0 persen, sedangkan Ganjar  mendapatkan dukungan sebanyak 39,6 persen. 

Di sisi lain, jika Prabowo berhadapan dengan Anies, Prabowo berhasil mendapatkan dukungan paling besar dengan persentase 51,2. Angka itu berbanding terbalik dengan yang didapat oleh Anies dengan meraup 33,5 persen suara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya