Jupe dan Zulkifli Hasan Dapat Gelar Bangsawan

Julia Perez
Sumber :
  • VIVAnews/Gestina.R

VIVAnews - Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, memperoleh gelar kebangsawanan dari Keraton Solo. Budayawan sekaligus Ketua MURI Jaya Suprana dan artis Julia Perez juga dianugerahi gelar bangsawan.

Menhut mendapat gelar Kanjeng Pangeran Zulkifli Hasan Noto Wononagoro. Jaya Suprana yang mendapat gelar Kanjeng Pangeran Doktor Jaya Suparana dan artis Julia Perez yang bergelar Nimas Ayu Tumenggung Juli Rahmawati.

Pemberian gelar untuk Menhut diberikan secara langsung oleh Pakoe Boewono XIII Sinuhun Hangabehi di Keraton Kasunanan Surkarta pada Kamis, 8 Juli 2010 dalam acara Tingalandalem Jumenengan Pakoe Boewono XIII. Selain mereka masih ada 183 orang lainnya yang mendapat gelar kebangsawanan.

"Pemberian gelar kebangsawanan tersebut sebagai apresiasi Keraton Surakarta terhadap orang-orang yang telah berjasa dalam melestarikan budaya Jawa maupun budaya Indonesia," kata Pengageng III Museum Keraton Kasunanan Surakarta, KRMH Satryo Hadinagoro di Solo, Kamis, 8 Juli 2010.

Selain tokoh-tokoh dalam negeri, pada 2010 ini Keraton Surakarta juga memberikan gelar kepada tokoh-tokoh di luar negeri, seperti janda Perdana Menteri Malaysia, Ketua Menteri Negara Bagian Serawak Malaysia, tokoh spiritual Jepang, dan beberapa tokoh luar negeri lainnya.

"Pemberian gelar kepada tokoh-tokoh luar negeri juga menunjukkan bahwa keraton ini juga memiliki apresiasi pada pelestarian budaya yang di lakukan di negara-negara lain," kata Satryo.

Selain pemberian gelar, Keraton Kasunanan Surakarta juga melaksanakan upacara Tingalan Jumenengan ke enam Pakoe Boewono (PB) XIII. "Upacara ini dilakukan sebagai peringatan ulang tahun kenaikan tahta (jumenengan) Paku Buwono XIII Hangabehi yang keenam," kata KRMH Satryo Hadinagoro.  (sj)

Laporan Fajar Sodiq | Solo

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika
Dok. Istimewa

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

PDIP menggelar rapat konsolidasi pemenangan untuk menghadapi Pilkada 2024. Rapat itu dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Sekolah Partai.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024