Mahfud MD Minta Hotel Sultan Dikosongkan, Pegawai Tetap Kerja Seperti Biasa

Hotel Sultan
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta – Menkopolhukam Mahfud MD, menggelar rapat koordinasi bersama Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan pihak manajemen Gelora Bung Karno guna membahas berakhirnya masa hak guna bangunan Hotel Sultan yang berada di Blok 15 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK). 

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud mengatakan, PT Indobuildco yang sebelumnya memiliki Hak Guna Bangunan (HGB) saat ini sudah berakhir masa HGB-nya. Selain itu, PT Indobuildco juga kalah dalam Peninjauan Kembali (PK) di Mahkamah Agung (MA). 

"Gugatan perdata ke pengadilan dan sudah PK sampai 4 kali, mereka kalah bahwa tanah ini adalah aset negara, Setneg. Kalah, dan waktunya sudah lewat ini," kata Mahfud MD di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat, 8 September 2023.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Menko Polhukam RI Mahfud MD

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Kemenko Polhukam

Ia pun menegaskan bahwa, Hotel Sultan saat ini dikelola di bawah Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Meski saat ini pihak Penggugat yakni Pontjo Sutowo selaku pemilik PT Indobuildco sedang melakukan upaya banding atas ditolak gugatannya di PTUN. 

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Mahfud lantas meminta PT Indobuildco untuk mengosongkan bangunan itu karena sesuai dua HGB itu, PT Indobuildco hanya berhak menggunakan hingga April 2023. 

"Kita harap agar itu dikosongkan dengan baik-baik gitu ya. Dan nanti proses pengosongan itu akan di penegakan hukum secara persuasif," kata Mahfud. 

Lebih lanjut, Mahfud menjelaskan bahwa dengan adanya perpindahan kepemilikan atau kepengurusan Hotel Sultan, pegawai yang bekerja tetap bisa bekerja seperti biasa. 

"Masalah di sana ada gedung yang merupa Indobuildco dan ada beberapa karyawan itu nanti bisa dibicarakan dengan Setneg sebagai owner dan kepada karyawan yang di sana supaya bisa bekerja seperti biasa karena tidak ada persoalan apa-apa, tetap bekerja seperti biasa," tuturnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan Polri siap melakukan pengawalan untuk mengambil alih Hotel Sultan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat dari PT. Indobuildco milik Pontjo Sutowo. Sebab, kata dia, pemerintah telah menang dalam gugatan perdata melawan PT. Indobuildco tersebut.

“Polri akan mengawal proses yang akan dilaksanakan untuk mengembalikan kembali aset atau lahan milik negara tersebut kembali kepada negara,” kata Sigit di Jakarta pada Jumat, 8 September 2023.

Sigit menegaskan Polri akan mengawal prosesnya baik proses pembebasan yang dilakukan berdasarkan aturan terkait dengan pengembalian aset atau lahan maupun memproses potensi pidana baru yang muncul dari peristiwa hukum yang terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya