Cerita Andika Buat Ransum TNI untuk Ringankan Beban Prajurit di Medan Tempur

Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa
Sumber :
  • YouTube: Total Politik

Jakarta – Ransum tentara adalah makanan kemasan yang disiapkan untuk prajurit militer di area pertempuran. Dalam unggahan video yang dibagikan, Andika menceritakan awal mula dibuatnya Ransum TNI sebagai makanan prajurit di medan tempur.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Andika menyebut, jika tercetusnya ide berawal dari prajurit Kopassus yang hanya membawa bekal cokelat ketika bertugas di hutan Papua. Dulu, kata Andika, prajurit disebut memilih membawa cokelat untuk memudahkan mereka saat bergerak.

Prajurit TNI AD. Foto ilustrasi.

Photo :
  • twitter.com
Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Dengan begitu, para prajurit tidak harus membawa banyak perbekalan. "Pasukan kita Kopassus tugas di Papua itu membawa cokelat. Karena di sana kan medannya ekstrim, sehingga kalau mereka harus bergerak beberapa hari bekal itu kan membebani banget," kata Andika dalam Youtube Jenderal TNI (Purn.) Andika Perkasa, yang dikutip Rabu, 27 September 2023.

Pada saat itu, Andika mengaku dirinya masih menjabat sebagai Pangkostrad. Mendengar kabar prajurit TNI hanya mengonsumsi cokelat hal itu pun membuat Andika mengaku prihatin. 

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Akhirnya, pada saat ia menjabat sebagai kasad, Andika pun mencetuskan untuk memproduksi bekal prajurit yang lebih bergizi dan ringan untuk dibawa. “Makanya waktu saya jadi kepala staf angkatan darat (Kasad), saya buat bekal makanan itu untuk operasi” Kata Andika

“Saya mendesain sedemikian rupa agar bekal makanan tadi tidak membuat kita sakit. Pertama, kilo protein harus tercukupi (untuk prajurit) tetapi gimana caranya agar tidak terlalu berat. Yang kita perbanyak adalah porsi protein” ujarnya

Ilustrasi keberadaan tentara di Papua

Photo :
  • ANTARA/Hans Arnold Kapisa

Sebagai informasi, Ransum tentara adalah makanan kaleng atau kemasan yang didesain agar mudah untuk disiapkan dan dimakan di area pertempuran. 

Ransum termasuk pernak-pernik militer selain dari bayonet, atribut, atau replika senjata. Angkatan bersenjata di seluruh dunia hampir memiliki produk Ransum mereka sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya