Prabowo Tersenyum Sambil Acungkan Jempol Saat Ditanya Isu Khofifah Bacawapres

Bakal capres Prabowo Subianto seusai pertemuan dengan para kiai di Surabaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

Surabaya – Bakal calon presiden yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, menggelar pertemuan tertutup dengan sejumlah masyayikh dan kiai NU Jawa Timur di Hotel ShangriLa Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 28 September 2023. Di forum tersebut, Prabowo menyodorkan setidaknya dua nama bakal cawapres yang akan dipilih.

Jokowi akan Bisiki Prabowo soal Potensi Besar dari Budi Daya Ikan Nila Salin

Nama Ketua Umum PP Muslimat NU yang juga Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, salah satu nama yang disebut Prabowo di hadapan para kiai. Soal itu dibenarkan oleh kiai muda dari Pondok Pesantren Al Falah, Ploso, Kediri, KH Muhammad Abdurrahman Kautsar atau Gus Kautsar.

Gus Kautsar juga hadir di pertemuan itu. "Beliau (Prabowo Subianto) jelaskan salah satu nama dari beberapa calon wakil presiden itu [Khofifah Indar Parawansa]," katanya usai pertemuan.

Yusril Nilai Prabowo Tak Bisa Otomatis Tambah Kementerian, Mesti Revisi UU atau Bikin Perppu

Prabowo Subianto

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube

Prabowo sendiri enggan memberikan keterangan terkait pertemuan dengan para masyayikh dan kiai NU tersebut. Pun ketika ditanya tentang Khofifah yang santer diisukan tengah didekati untuk menjadi bakal cawapres, Menteri Pertahanan itu juga tak menjawab.

Tanggapi Luhut, Jusuf Kalla: Saya Tidak Mengerti Toxic

Prabowo hanya tersenyum sambil mengacungkan jempol sebanyak dua kali. Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu kemudian berlalu menuju mobilnya yang terparkir di halaman hotel.

Sebelumnya, Gus Kautsar mengatakan, selain meminta restu, di hadapan para kiai dan masyayikh Prabowo memang menyebutkan sejumlah nama yang akan digandeng sebagai bakal cawapres. “Mengerucut ke dua nama kayanya,” kata kiai muda dari Pondok Pesantren Al Falah, Ploso, Kediri, itu.

Ditanya apakah nama yang disebut Prabowo dalam pertemuan dengan para kiai adalah nama Khofifah Indar Parawansa, Gus Kautsar menjawab secara tidak gamblang. “Beliau (Prabowo) jelaskan salah satu nama dari beberapa calon wakil presiden adalah itu (Khofifah),” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra M Irfan Yusuf Hasyim atau Gus Irfan mengatakan, di dalam pertemuan tersebut tidak dibahas secara spesifik soal bakal cawapres yang akan digandeng Prabowo. “Kalau disinggung sedikit-sedikit memang iya,” katanya.

Gus Irfan ogah membocorkan nama-nama yang disebut Prabowo di hadapan para kiai, termasuk nama Khofifah. Namun, dia mengakui bahwa ada usulan nama dari para kiai agar digandeng oleh Prabowo. Tapi dia juga menolak menyebutkan siapa itu. “Nanti lah, karena menyangkut nama tidak etis kalau saya menyebutkan,” katanya.

Hal yang pasti, lanjut Gus Irfan, pertemuan tersebut adalah silaturrahim sekaligus ruang Prabowo meminta restu kepada para kiai untuk maju di pilpres mendatang. Kebetulan, kata dia, pada Rabu, 27 September 2023 hingga Kamis, 28 September 2023, Prabowo ada kunjungan kerja di Jatim karena itu disempatkan bersilaturrahim dengan para kiai.

Selain Gus Kautsar, hadir dalam pertemuan tersebut, di antaranya, Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Manshur; KH Nurul Huda Djazuli dari Pondok Pesantren Al Falah, Ploso, Kediri; dan KH Abdullah Munif Marzuqi dari Pondok Pesantren Langitan, Tuban.

Hadir pula Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, KH Ahmad Fuad Nur Hasan; dan Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, KH Hasan Mutawakkil Alallah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya