Jessica Wongso Tidak Ajukan Grasi Karena Merasa Tak Bersalah: Seumur Hidup Dipenjara Tidak Apa-apa

Jessica Kumala Wongso di sidang pengadilan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Jakarta – Kasus kopi sianida kembali menjadi perbincangan publik usai film dokumenter Jessica Wongso tayang di Netflix 28 September 2023 lalu.

Baru Kenalan Malam Takbiran, Gadis SMP di Mojokerto Diperkosa

Rupanya pengacara Otto Hasibuan pernah menawarkan Jessica Wongso untuk ajukan grasi atau pengampunan yang diberikan oleh presiden kepada seorang terpidana. Hal itu diungkapkan Otto Hasibuan saat berbincang dengan Karni Ilyas baru-baru ini.

Pengacara Jessica Wongso, Otto Hasibuan

Photo :
  • YouTube Karni Ilyas Club
Viral Nasabah Lempar Piring saat Ditagih, Bos PNM Tegaskan Lindungi Karyawan

“Jessica, seandainya saya bisa yakinkan Presiden atau otoritas yang lain berdasarkan bukti-bukti hukum agar kamu bisa dibebaskan dengan mengajukan grasi, mau nggak?” kata Otto kepada Jessica, dikutip dari tayangan YouTube Karni Ilyas Club, Jumat, 6 Oktober 2023.

“Kalau grasi syaratnya apa?” tanya Jessica.

Kasus Mayat Bayi Dibuang Sang Ayah di Tanah Abang, Polisi: Hasil Aborsi Digugurkan di Hotel

“Syaratnya kau harus mengaku dan minta ampun kepada Presiden,” ungkap Otto.

Ketika mengetahui syaratnya, tawaran itu langsung ditolak mentah-mentah oleh Jessica. Kata dia, lebih baik dipenjara daripada harus mengaku kesalahan yang tidak ia lakukan.

Jessica Kumala Wongso mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Pusat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

“Maaf, saya tidak akan mau minta ampun. Saya tidak mau mengakui perbuatan yang tidak pernah saya lakukan,” ujar Otto menirukan perkataan Jessica pada saat itu.

Sebagai pengacara, ia merasa sedih dengan keputusannya itu. Tiga atau lima hari yang lalu Otto kembali menemui Jessica di penjara, dan kembali membujuk.

“Jessica yang kedua kali saya tanya, mau enggak kamu?" tanya Otto.

“Om jangan tanya-tanya itu lagi. Biar saya di sini 10 tahun, mau seumur hidup enggak apa-apa. Kalau memang om minta saya mengakui perbuatan yang tidak saya lakukan, saya tidak mau,” kata Jessica kepada Otto.

Dari video tersebut terlihat jika pengacara Otto sangat sedih. Sebelum itu, Otto juga mengungkap banyak kejanggalan dalam kasus ini. Mulai dari tidak ditemukannya sianida di tubuh Mirna, hingga CCTV asli di kafe tersebut hilang.

Juga, Otto mengaku jika kasus ini makin besar setelah Krishna Murti mengajukan aotopsi kepada mayat Mirna sebelum dikubur. Namun nyatanya, mayat Mirna tidak di autopsi, melainkan hanya diambil sampel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya