TPA Jatibarang Kembali Terbakar, Sejumlah Warga Sempat Terjebak

Kondisi kebakaran TPA Jatibarang pada Jumat (6/10/2023) malam. 
Sumber :
  • tvOne/Didiet Cordiaz

Semarang - Kebakaran hebat kembali terjadi di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Jatibarang, Semarang, Jawa Tengah. Peristiwa kebakaran itu terjadi pada Jumat malam 6 Oktober 2023.

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

Sampai dengan Jumat malam pukul 21.00 WIB titik api masih terlihat di zona 3. Diperkirakan luas lahan terbakar lebih besar dibanding kebakaran yang terjadi pada 18 September lalu. 

Pemadaman kebakaran di TPA Jatibarang Semarang, Senin siang, 18 September 2023.

Photo :
  • tvOne/Didiet Cordiaz.
Pembebasan Lahan di IKN Sesuai Target, Luhut Pede Upacara 17 Agustus Bisa Digelar di Istana Baru

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Semarang, Nurkholis menyebut api masih berusaha dihadang agar tidak menyebar. Ada 10 armada yang dikerahkan untuk pemadaman. 

"Kendalanya memang yang kita tangani cukup luas kemudian medannya, jalannya naik turun dan termasuk jalannya sempit juga sehingga yang bisa kita tangani lokasi-lokasi yang terjangkau, kemudian satu sisi kita sudah memprotek agar tak menyebar kemana-mana, yang jelas itu," ujarnya di TPA Jatibarang. 

Pelaku Pungli di Lokasi Wisata Siap-siap Kena Sanksi dari Sandiaga Uno

Dia juga memperkirakan bahwa luas lahan yang terbakar sudah lebih luas dari kebakaran yang terjadi pada 18 September lalu. Saat itu api membakar zona 1 dan lahan eks pabrik pupuk PT Narpati. 

"Luasannya kemungkinan ya mungkin lebih luas dari kemarin, kemarin kan bisa dikatakan 50 persen atau 60 persen dari 5 hektare," terangnya.

Lapak para pemulung di sekitar TPA Jatibarang, Kota Semarang, usai kebakaran.

Photo :
  • Dok. IPI

Dirinya juga telah mendapat informasi jika ada warga yang terjebak di TPA Jatibarang. Namun, menurutnya seluruh warga yang terjebak sudah dievakuasi. 

"Jadi ini yang terakhir, sebenarnya kan tadi untuk pertama tadi mau dievakuasi semua, mungkin ada yang masih bertahan karena temannya lemas dan sebagainya, tapi alhamdulillah sudah terevakuasi semua," imbuhnya.

Laporan: tvOne/Didiet Cordiaz

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya