Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo Janji ke Jokowi Kooperatif Hadapi Proses Hukum

Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Temui Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta – Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menemui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Minggu malam, 8 Oktober 2023. Dalam kesempatan itu, Syahrul Limpo juga berkomitmen untuk tetap kooperatif menjalani proses hukum atas sejumlah kasus yang menyeret namanya.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Tentang proses hukum yang sedang berjalan ini, saya sampaikan bahwa saya akan menghadapi hal tersebut secara kooperatif," kata Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan tertulisnya pada Minggu, 8 Oktober 2023.

Dikatakan Syahrul Limpo, hukum memberikan hal kepada pihak yang dituduh untuk melakukan pembelaan dengan sebaik-baiknya. Pembelaan itupun akan dilakukan Syahrul Limpo.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Hukum memberikan hak pada kita yang dituduh melakukan sesuatu untuk membuat pembelaan yang sebaik-baiknya. Hal tersebut akan saya lakukan, yang tentu saja dengan penghormatan terhadap hukum yang berlaku," jelasnya. 

Jokowi Bertemu Syahrul Yasin Limpo di Istana

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Temui Presiden Joko Widodo

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu, 8 Oktober 2023.

Tampak, Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) RI Pratikno ikut menemani Jokowi dalam pertemuan tersebut. Mereka nampak duduk di dalam satu ruangan yang sama. 

Nampak Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih duduk di posisi tengah dan berbincang dengan Syahrul Yasin Limpo. Pratikno duduk di kursi sebelah kiri sedangkan Syahrul yang mengenakan pakaian batik di sisi kanan.

Diketahui, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno menerima kunjungan Syahrul Yasin Limpo bersama Menteri Siti Nurbaya di kantornya pada Kamis sore, 5 Oktober 2023. Menurut dia, Syahrul Limpo mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pengunduran diri dari Menteri Pertanian.

"Pak Syahrul menyampaikan surat kepada Bapak Presiden yang isinya adalah pengunduran diri sebagai Menteri. Jadi, surat itu sudah kami terima baru saja dan segera akan saya laporkan kepada Bapak Presiden," ujarnya.

Tentu saja, Pratikno mengatakan akan menindaklanjuti surat pengunduran diri yang dikirim Syahrul Limpo dari jabatan Menteri Pertanian. Selanjutnya, ia menunggu arahan dari Presiden Jokowi terkait posisi Menteri Pertanian.

"Tentu saja kita akan segera menindaklanjuti. Nanti saya menunggu arahan Bapak Presiden, kemungkinannya adalah karena sudah mengundurkan diri, akan diterbitkan Keppres pemberhentian dan tentu saja kita harus mencari orang yang melaksanakan tugas sebagai Menteri Pertanian," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya