Demi Wujudkan Kedaulatan Pangan, Kementan dan Pemkot Semarang Lakukan Ini

Kementan dan Pemkot Semarang jalin kemitraan bangun generasi petani Milenial
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Semarang – Kementerian Pertanian dan Pemerintah Kota Semarang menjalin kemitraan dalam upaya membangun generasi petani milenial yang tangguh dan siap menghadapi tantangan pertanian di masa depan. Demi mewujudkan hal ini, telah dilaksanakan pertemuan audiensi antara perwakilan Kementerian Pertanian dan Pemerintah Kota Semarang.

Daftar Harga Pangan 7 Mei 2024: Beras Turun, Daging Ayam hingga Gula Naik

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian, Idha Widi Arsanti, memaparkan profil dan rancangan Program Pemberdayaan Kelompok Muda di Bidang Pertanian yang bertajuk 'Youth Entrepreneur and Employment Support Services – Scaling-Up Intervention' (YESS-SI).

Aksi kaum muda milenial tingkatkan perkebunan petani.

Photo :
  • instagram
Kisah Inspiratif dari Anak Santri, Ciptakan Produk Pangan untuk Solusi Kesehatan

Pertemuan juga dihadiri oleh Walikota Semarang, Kepala Bappeda, dan Kepala Dinas Pertanian beserta jajarannya.

Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menyambut dengan antusias rencana Program YESS-SI, yang diharapkan dapat menjadi katalisator bagi pertumbuhan petani milenial di wilayah Semarang. Program ini akan menjawab sejumlah tantangan penting, termasuk regenerasi petani dan ketahanan pangan, yang menjadi fokus perhatian dalam sektor pertanian.

SYL Sudah Siap Dipenjara Usai Terjerat Kasus Korupsi di Kementan: Berapapun Hukumannya

Langkah ini sejalan dengan visi Kementerian Pertanian untuk memperkuat Indonesia dalam menghadapi tantangan-tantangan pertanian di masa depan, termasuk mengatasi krisis pangan, dengan memanfaatkan potensi dari generasi petani milenial yang semakin berkembang.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementan, Dedi Nursyamsi, berpendapat senada dengan hal tersebut.

"Estafet petani selanjutnya adalah pada pundak generasi muda, mereka mempunyai inovasi dan gagasan kreatif yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan pertanian. Dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas untuk memajukan pertanian Indonesia secara modern dan berorientasi ekspor agar Indonesia menjadi negara agraris yang mandiri pangan," ujarnya.

Ilustrasi teknologi pertanian.

Photo :
  • Pixabay

Melalui audiensi yang dilaksanakan, Pemerintah Kota Semarang berkomitmen akan melakukan persiapan secara matang sebelum implementasi Program YESS-SI di tahun 2025 melalui identifikasi petani milenial yang akan menjadi calon penerima manfaat, mobilizer, dan Fasilitator Muda. Tidak hanya itu, akan turut disiapkan rancangan District Coordination Team (DCT) dan District Implementation Team (DIT).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya