Jokowi soal Palestina dan Israel yang Memanas: Hentikan Perang dan Kekerasan!

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya mengenai situasi konflik yang semakin memanas antara Palestina dan Israel. Dalam keterangannya, Presiden Jokowi mendesak agar perang dan tindak kekerasan di mana pun berada, khususnya di Palestina dan Israel harus segera dihentikan.

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

"Indonesia mendesak agar perang dan tindakan kekerasan segera dihentikan untuk menghindari semakin bertambahnya korban manusia dan hancurnya harta benda, karena eskalasi konflik dapat menimbulkan dampak kemanusiaan yang lebih besar," kata Jokowi dalam keterangan persnya, Selasa 10 Oktober 2023.

Masjid Al-Amin Muhammad Gaza, Palestina

Photo :
  • A News
President Jokowi Ensures to Extend Export Permits for Freeport

Kepala Negara juga memerintahkan kepada Kementerian Luar Negeri dan Kementerian terkait untuk segera mengambil tindakan cepat atas meningkatnya konflik Palestina dan Israel. Jokowi meminta agar Kemenlu dan sejumlah Kementerian terkait gerak cepat melindungi WNI di sekitar lokasi konflik.

"Saya minta menteri luar negeri dan jajaran Kementerian terkait segera mengambil tindakan cepat untuk melindungi WNI yang berada di wilayah konflik," ujar Jokowi

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan, akar permasalahan konflik kedua negara adalah karena Israel menduduki wilayah Palestina. Dia menegaskan permasalahan itu harus segera diselesaikan sesuai parameter yang telah disepakati PBB.

"Akar konflik tersebut yaitu pendudukan wilayah Palestina oleh Israel harus segera diselesaikan sesuai dengan parameter yang sudah disepakati PBB," ujar Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Militan Hamas melancarkan serangan yang mengejutkan ke Israel, Sabtu 7 Oktober 2023. Hamas menembakkan sekitar 5.000 roket ke wilayah Israel di jalur Gaza, sementara para militan bersenjata menyusup ke perbatasan selatan Israel. 


Source : timesofisrael.com

Melansir AP, layanan penyelamatan nasional Israel mengatakan sedikitnya 40 orang tewas. Jumlah korban terbaru dilaporkan layanan penyelamatan Magen David Adom saat pertempuran masih berlangsung pada Sabtu. Rumah sakit di Israel merawat ratusan orang yang terluka, termasuk puluhan orang dalam kondisi kritis.

Serangan salvo roket ditembakkan dari berbagai lokasi di wilayah yang dikelilingi oleh kelompok militan Palestina di Jalur Gaza. Namun, sistem pertahanan Iron Dome Israel berhasil menggagalkan serangan itu di beberapa wilayah, menurut koresponden Anadolu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya