Lidah Hilang, Sang Ayah Duga Susanto Dibunuh

Kekerasan
Sumber :

VIVAnews - Kekerasan terhadap Tenaga Kerja Indonesia kembali terjadi. Susanto (20) tewas di Sibu, Sarawak, Malaysia dan keluarga menemukan sejumlah kejanggalan.

Ayah korban, M Amin Pehed (42), menduga Susanto menjadi korban pencurian organ karena lidah lelaki itu hilang hingga tenggorokan. Sang ayah tidak yakin kalau anaknya bunuh diri, seperti laporan dari Malaysia.

Saat tiba di rumah duka, Desa Wajok Hilir, Siantan, Kalimantan Barat, jasad Susanto sudah dalam peti dan di balut plaster. Pihak keluarga yang penasaran ingin melihat kondisi anak kedua dari delapan saudara ini, lalu membuka peti jenazah. “Alangkah terkejutnya, sekujur tubuh penuh jahitan dari mulai leher hingga perut. Lidah pun hilang,” kata Nur Hayati (38), ibu korban sambil menahan isak tangis, Rabu 14 Juli 2010.

Nurhayati berharap kepada Pemerintah untuk memperhatikan nasib tragis yang menimpa anak kandungnya itu. “Saya tidak rela anak saya mati dengan cara keji itu. Tolong dong Pemerintah memperhatikan nasib rakyat kecil ini,”sambung Nur Hayati.

Selain itu, keluarga menemukan surat wasiat pada jasad Susanto berisi: ”Ya Allah, jika Engkau sayang padaku utuslah malaikatmu dan cabutlah nyawaku. Aku sudah tidak sanggup lagi dan jika engkau tidak sayang padaku, biarlah aku hidup menderita di dunia ini. Janganlah kamu suka menilai orang tanpa isi hati orang tersebut karena setiap perbuatanmu akan berdampak besar pada orang yang kamu nilai.”

Amin tak yakin surat wasiat itu ditulis anaknya. "Itu bukan tulisan anak saya. Lantas saya lihat semuanya rata anggota tubuh anak saya itu," kata dia. Keluarga pun sempat kesulitan saat akan mengambil jasad anak mereka dari Sibu Hospital.

Susanto pergi ke Negeri Jiran itu pada 19 Desember 2009. Ia pergi bersama temannya setelah dijanjikan gaji RM 17 per hari. Ia bekerja di sebuah perusahaan plywood di Sibu, Sarawak, Malaysia.

(Laporan: Aceng  Mukaram | Pontianak)

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua
Situs google.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Hilirisasi menjadi isu penting di Indonesia. Jika mengklik kata tersebut di Google, maka dalam 0,25 detik muncul 4.140.000 temuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024