Jokowi Sebut Indonesia Dapat Tambahan 20.000 Kuota Haji dari Arab Saudi pada Tahun 2024

Presiden Jokowi bertemu PM Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia akan mendapatkan tambahan kuota jemaah haji sebanyak 20.000 orang dari Kerajaan Arab Saudi untuk tahun 2024. Hal itu disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Arab Saudi, Mohammed bin Salman al-Saud di Riyadh, Arab Saudi pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Seratus Kementerian Pun Tak Masalah jika untuk Akselerasi Kinerja, Menurut Pakar Politik

Dalam pertemuan di sela-sela KTT ASEAN-GCC (Gulf Cooperation Council), Jokowi curhat tentang antrean haji di Indonesia sangat panjang. Bahkan, kata dia, jemaah haji Indonesia bisa sampai puluhan tahun mengantre.

“Saat bertemu dengan Perdana Menteri Mohammad bin Salman, saya menyampaikan apa adanya bahwa antrean haji di Indonesia sangat panjang, bahkan ada yang harus menunggu 47 tahun,” kata Jokowi.

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

Ilustrasi ibadah haji.

Photo :
  • MCH 2023

Maka dari itu, Jokowi menyampaikan kepada Perdana Menteri Mohammad bin Salman supaya memberi tambahan kuota untuk jemaah haji Indonesia. Menurut Jokowi, permohonan penambahan kuota haji dikabulkan oleh Perdana Menteri Mohammad bin Salman.

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

“Indonesia membutuhkan tambahan kuota haji, dan Alhamdulillah ditanggapi sangat positif. Kurang dari 12 jam komitmen tambahan kuota haji langsung diberikan paling tidak 20 ribu tahun depan tambahannya diberikan untuk Indonesia,” ujarnya.

Sementara, Jokowi mengatakan kegiatan kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi berjalan dengan lancar dan sangat produktif. “Alhamdulillah, seluruh kegiatan sudah selesai. Pertemuan bilateral dengan Prince Mohammad bin Salman dan KTT ASEAN-GCC berjalan dengan lancar dan produktif,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya