Survei Polling Institute: Dukungan untuk Prabowo-Gibran di Jawa Tengah Naik

Prabowo dan Gibran di Indonesia Arena, Senayan.
Sumber :
  • Gerindra Tv

Jakarta – Hasil survei terbaru Polling Institute periode 25-28 Oktober 2023 menyebutkan, dukungan terhadap pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di sejumlah wilayah, termasuk Jawa Tengah, meningkat.

Seratus Kementerian Pun Tak Masalah jika untuk Akselerasi Kinerja, Menurut Pakar Politik

Hal itu dikemukakan Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim. Menurut dia, dukungan untuk Prabowo-Gibran meningkat di Jawa Tengah. Sebaliknya, dukungan untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Jawa Tengah mengalami penurunan.

“Di Jawa Tengah, dukungan untuk Ganjar turun dari 49 persen ke 42,8 persen. Sebaliknya, ada kenaikan dukungan untuk Prabowo dari 27 persen menjadi 33 persen,” kata Kennedy dalam keterangannya, Selasa, 31 Oktober 2023.

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

Sementara pasangan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengantongi 13,8 persen.

Tes Kesehatan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Mahfud Khawatir Korupsi Meluas dan Merusak Negara jika Jumlah Kementerian Bertambah

Menurut Kennedy, naiknya dukungan untuk Prabowo-Gibran salah satunya dilatari tingginya kepercayaan publik terhadap Presiden Joko Widodo di Jawa Tengah. Kondisi ini yang kemudian membawa pengaruh positif dari hadirnya Gibran sebagai pendamping Prabowo.

Polling Institute juga menemukan tingginya dukungan Prabowo-Gibran di Jawa Timur. Dari basis responden 15,5 persen, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 33 persen. 

Sementara dukungan untuk Ganjar-Mahfud mencapai 25,3 persen. Adapun dukungan untuk Anies-Muhaimin berdasarkan temuan terbaru mencapai 26,5 persen. "Masih lebih rendah dibandingkan Prabowo-Gibran,” ujar Kennedy. 

Dukungan untuk Prabowo-Gibran juga tinggi di Jawa Barat, mencapai 47,3 persen. Basis responden di Jawa Barat ada 17,6 persen. “Di Jawa Barat, dukungan untuk Prabowo-Gibran lebih tinggi ketimbang Ganjar-Mahfud (27,9 persen) dan Anies-Muhaimin (23 persen),” kata Kennedy.

Survei bertajuk ‘Peta Persaingan Elektoral Capres-Cawapres dan Parpol Pasca Penutupan Pendaftaran KPU’ itu dilakukan dalam rentang 25-28 Oktober 2023, menempatkan 1.207 responden melalui sambungan telepon, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya