Kecam Israel, Ketum KNPI: Pembebasan Palestina Adalah Amanah Konstitusi

Ribuan warga mengikuti aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang digelar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) di kawasan Monas, Jakarta, Minggu, 5 November 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Bayu Pratama

Jakarta – Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) M. Ryano Panjaitan mengatakan agresi Israel ke Gaza yang menewaskan banyak orang terutama dari kalangan anak-anak telah menimbulkan kekecewaan berbagai kalangan di Tanah Air.

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

Hal tersebut dibuktikan pada Minggu, 5 November 2023. Kawasan Monas dipenuhi lautan massa yang menuntut gencatan senjata dan pembebasan Palestina. Terpantau acara tersebut dihadiri para tokoh lintas agama, organisasi pemuda hingga kalangan selebriti.

RIbuan Orang Hadiri Aksi Bela Palestina di Monas

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara
Kelompok Kemanusiaan Periksa Persenjataan Mematikan yang Belum Meledak di Gaza

“Organisasi kepemudaan serta sejumlah selebriti seperti Ozy Syahputra, Indra Brugman, Rasheed Ali sengaja datang ke Monas dengan berjalan kaki dari Roemah Pemoeda yang terletak di Jl. Kramat Raya, Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Mereka bersemangat sekali untuk membela sekaligus memberikan dukungan pada Palestina,” ujar Ryano dalam keterangan tertulis Senin, 6 November 2023.

"Dari Roemah Pemoeda kita jalan kurang lebih ada 70 orang dari teman-teman pemuda. Ini kan amanah konstitusi pembukaan UUD 1945, bahwa kemerdekaan adalah hak setiap bangsa, penjajahan harus dihapuskan karena tidak berperi-kemanusiaan dan berperikeadilan," sambungnya

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Selain itu, para pemuda dari sejumlah organisasi kepemudaan memberikan sikap tegas membela Palestina karena yang terjadi di Palestina dianggap sudah mengarah ke genosida atau pemusnahan massal.

"Kedua, kita rasakan luar biasa penjajahan di sana. Ini bukan permasalahan agama, itu sudah zionis, genosida, penjajahan, dan itu harus dihapuskan. Teman-teman di dunia kepemudaan sangat antusias berkontribusi untuk Palestina bisa merdeka," jelasnya.

Ryano Panjaitan mengapresiasi langkah yang dilakukan Presiden Jokowi dalam mengirimkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk mendesak negara-negara lain berpartisipasi aktif untuk memastikan kemerdekaan Palestina.

"Kita sangat apresiasi bahwa Presiden Joko Widodo telah mengirimkan Menlu, mendesak OKI untuk sama-sama bertindak supaya kemerdekaan Palestina menjadi sebuah hal yang nyata. Itu luar biasa," paparnya.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)

Photo :
  • Istimewa

Sementara itu, Rasheed Ali yang sempat bermain di sinetron fenomenal Ganteng Ganteng Serigala mengatakan, dalam acara aksi Bela Palestina, kalangan selebriti diminta untuk naik ke atas panggung.

"Teman-teman artis sangat banyak. Bahkan secara khusus kita dipanggil ke panggung untuk mensupport acara bela Palestina ini. Ada Indra Bruggman, Ozy Syaputra, saya, Taqy Malik, Atta Halilintar, Rizky Badilah, Rizky Nazar, dan banyak lagi yang lainnya,"atanya.

"Teman-teman artis sangat all out untuk menyuarakan support dari Indonesia yang sudah diinisiasi oleh Menteri Luar Negeri kita dalam forum dunia,mengatakan bahwa hentikan penjajahan ini, buka blokade, lakukan gencatan senjata. Kita teman2 selebriti all out," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya