Ini Profil Buya Arrazy Hasyim yang Pendapatnya Tentang Palestina Penuh Kontrovesi

Buya Arrazy
Sumber :
  • Instagram @dakwahbuyaarrazy

VIVA Nasional – Konflik Israel - Palestina yang tengah memanas membuat Deddy Corbuzier mengundang Buya Arazzy di podcastnya pada hari Selasa, 7 November 2023.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Buya Arrazy adalah mubaligh dan ulama serta pendiri dan pengasuh Ribath Nouraniyah Hasyimiyah. Diskusi Buya Arrazy dengan Deddy Corbuzier rupanya juga mendapat perhatian netizen.

Buya Arrazy

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Buya Arrazy mengupas masalah yang cukup sensitif tentang Palestina yang menimbulkan kegeraman netizen. Nah, berikut profil Buya Arrazy Hasyim:

Profil Arrazy Hasyim

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Ustaz Arrazy Hasyim yang kini kena semprot tersebut ternyata bukan seorang ustaz yang sembarangan. Pria yang memiliki julukan Buya Arrazy tersebut lahir 21 April 1986 di Koto Tangah, Payakumbuh, Sumatera Barat.

Buya Arrazy dikenal oleh publik sebagai pendiri  dan pengasuh Ribath Nouraniyah Hasyimiyah. Sejak dari kecil, Arrazy telah mendalami ilmu agama di MTsN  di Payakumbuh, Sumatera Barat. Ia tetap setia pada pendidikan berbasis madrasah dan melanjutkan studinya di MAN 2 / MAKN Payakumbuh.

Tetapi, ia tak menyelesaikan studi di sekolah tersebut dan pindah ke MAN 2 Bukittinggi dan tamat pada tahun 2004.

Sang ustaz akhirnya kuliah dan melanjutkan pendidikan ilmu hadis di Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences. Arrazy di kesempatan yang sama juga menempuh S1 Jurusan Akidah dan Filsafat Islam di UIN Syarif Hidayatullah. Ia juga turut menyelesaikan S2 dan S3 di kampus yang sama.

Karier Ustaz Arrazy Hasyim

Buya Arrazy

Photo :
  • Instagram @dakwahbuyaarrazy

Ustaz Arrazy juga mengajar di Pascasarjana Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) Jakarta dan pengampu kitab Aqidah Ahlus Sunnah di Pesantren Darussunnah. Ia juga sempat menjadi dosen ilmu Kalam dan Filsafat Islam di Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Profesi utama sang ustaz selain berdakwah dan mengajar yakni sebagai  pengasuh Ribath Nouraniyah yang merupakan lembaga kajian tassawuf.

Keluarga Arrazy Hasyim

Ada kisah tragis dari keluarga sang ustaz kelahiran Sumatera Barat itu. Arrazy dikaruniai beberapa orang anak bernama Hisyam Faqih Arrazy, Hushaim Shah Wali Arrazy dan Helena Nour Arrazy melalui pernikahannya dengan sang istri, Eli Ermawati. Nahasnya, Hushaim tewas dalam insiden meletusnya senjata api milik polisi pengawal sang ayah kala mengisi acara di Tuban, Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya