Jokowi Tiba di Amerika Serikat untuk Temui Joe Biden Usai 15 Jam Penerbangan

Presiden Jokowi tiba di Washington DC.
Sumber :
  • Sekretariat Kabinet.

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat pada Senin, 13 November 2023 waktu setempat. Rencananya, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Berdasarkan keterangan tertulis resmi, Presiden Jokowi menempuh perjalanan kurang lebih 15 jam penerbangan dari Riyadh, Arab Saudi menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GA-1) pada Sabtu, 12 November 2023 waktu setempat.

Begitu tiba di Amerika, Presiden Jokowi disambut oleh Penjabat Kepala Protokol Amerika Serikat Ethan Rosenzweigh, Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Sung Kim, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani, dan Atase Pertahanan KBRI Washington DC Marsma TNI Tjahya Elang Migdiawan.

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Momen Kedekatan Jokowi dan Joe Biden di KTT G20

Photo :
  • TikTok


Selanjutnya, Presiden Jokowi dan rombongan kemudian menuju hotel tempatnya menginap dan akan memulai agenda kerja esok hari. Pas tiba di hotel, Jokowi disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Kemudian Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, DCM KBRI Washington DC Ida Bagus Bimantara beserta istri, dan Atase Polisi KBRI Washington DC Brigjend Oktavianus Marthin beserta istri.

Selanjutnya, Jokowi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden di Gedung Putih. Rencananya, Jokowi juga akan menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai situasi di Gaza saat bertemu dengan Presiden Biden.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi menganggap kunjungan kenegaraannya ke Amerika Serikat ini merupakan kesempatan yang baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

“Kunjungan ini merupakan kesempatan yang baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh, yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan,” jelas dia.

RIbuan Orang Hadiri Aksi Bela Palestina di Monas

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara

Dari Washington DC, Jokowi akan menuju ke San Fransisco untuk menghadiri KTT APEC dan isu pembangunan berkelanjutan, pembangunan inklusif akan merupakan dua isu yang akan dibawa Indonesia dalam KTT APEC. 

“Di sela-sela KTT APEC, beberapa pertemuan bilateral dan beberapa pertemuan dengan kalangan bisnis di San Fransisco akan kita lakukan. Saya dan rombongan Insya Allah akan meninggalkan San Fransisco pada 17 November setelah KTT selesai, dan kembali ke Tanah Air,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya