Paripurna Pengesahan Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Digelar 21 November

Jenderal TNI Agus Subiyanto, Fit and Proper Test Calon Panglima TNI di DPR
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid mengatakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal Agus Subiyanto telah disetujui sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono pada Senin, 13 November 2023. Agus telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat.

Mengenal Sagil, Siswa SD dengan Tinggi 2 Meter dari Kerinci Jambi

“Fit and proper test sudah berlangsung kurang lebih 120 menit atau 2 jam,” kata Meutya di Gedung DPR RI.

Jenderal TNI Agus Subiyanto, Fit and Proper Test Calon Panglima TNI di DPR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Soroti Kenaikan Uang Kuliah Makin Mahal, DPR: Lonjakan Terlalu Besar, Harusnya Bertahap

Menurut dia, berbagai pendalaman dilakukan oleh Anggota Komisi I DPR pasca Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan paparan visi misinya. Hingga akhirnya, kata dia, sembilan fraksi semuanya sepakat dalam musyawarah mufakat secara bulat menyetujui pemberhentian Laksamana Yudo sebagai Panglima TNi dan mengangkat Jenderal Agus menjadi Panglima TNI.

“Dari sini, kita akan mengunjungi rumah pribadi beliau sebagai salah satu syarat dari verifikasi faktual sekaligus silaturahmi juga,” ujarnya.

28 Perwira TNI AU Terima Brevet Kehormatan Setia Waspada Paspampres, Siapa Saja Mereka?

Jenderal TNI Agus Subiyanto

Photo :
  • VIVA/Farhan Faris

Setelah itu, Meutya mengatakan Komisi I DPR akan mengirimkan surat kepada Pimpinan DPR RI untuk diagendakan rapat paripurna terhadap Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

“Kami akan bersurat ke pimpinan DPR, Insya Allah diagendakan 21 November. Jadi untuk disahkan di paripurna rencana 21 November,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya