Rocky Gerung Curhat di Depan Ganjar: Status Saya Tersangka, Ditersangkakan PDIP

Rocky Gerung
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Makassar - Pengamat politik Rocky Gerung menyatakan dirinya saat ini telah berstatus sebagai tersangka. Hal itu dikatakan Rocky Gerung di depan calon presiden (capres) PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo saat menghadiri acara sarasehan Nasional IKA UNM, Makassar, Sabtu, 18 November 2023. 

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

"Status saya ini tersangka," kata Rocky Gerung.

Rocky Gerung Diperiksa Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Mendengar pernyataan itu, Ganjar lantas bertanya, kasus apa yang menjerat Rocky Gerung hingga menjadi tersangka. 

"Tersangka apa?" tanya Ganjar.

Polri Buru WN Iran Pengirim 'Kado' Berisi 20 Ribu Ekstasi dari Belanda-Belgia

"Tersangka...," ucap Rocky yang langsung dipotong Ganjar, "Oh yang itu ya?" katanya.

Tak berselang lama, Rocky menyebut dirinya ditersangkakan bukan oleh Ganjar. Melainkan, oleh partai pengusung Ganjar di Pilpres 2024 yakni PDI Perjuangan (PDIP).

"Memang, saya mau menyatakan saya ditersangkakan oleh PDIP, bukan oleh Ganjar," jelas Rocky. 

Rocky Gerung tak menjelaskan lebih lanjut mengenai kasus apa yang menjeratnya sebagai tersangka. Namun, belakangan ini, Rocky Gerung tengah terseret kasus dugaan ujaran kebencian usai melontarkan kalimat 'bajingan tolol' ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). 

Akibat kritikannya itu, berujung pada kehebohan di publik dan Rocky Gerung akhirnya dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Rocky Gerung sendiri mengaku bahwa pernyataannya itu memang kerap diucapkan kepada siapa pun. Dia menjelaskan bahwa kritikannya itu bukan ditujukan kepada individu Jokowi.

"Saya tidak mengkritik atau menghina Jokowi secara individunya, tidak. Karena itu, saya kira Pak Jokowi juga mengerti, itu yang menyebabkan Pak Jokowi tidak mau melaporkan saya. Pak Jokowi mengerti yang disampaikan saya itu kritik terhadap kedudukan publik dia, jabatan publik dia," kata Rocky Gerung kepada wartawan Jumat, 4 Agustus 2023.

Rocky Gerung Diperiksa Bareskrim Mabes Polri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pun, Rocky mengaku tidak ada niatan untuk memberikan pernyataan menohok kepada Jokowi bak seorang pendendam. Dia hanya memposisikan sebuah pemikiran yang demokrasi. 

Sementara itu, kasus dugaan ujaran kebencian yang menyeret Rocky Gerung ini telah naik ke tahap penyidikan. Hal tersebut diketahui lewat Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang telah diterima oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) RI dari Bareskrim Polri.

"Jampidum Kejaksaan Agung telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI (Bareskrim Polri) atas nama Terlapor RG dkk," Ujar Kapuspenkum Kejagung RI Ketut Sumedana dalam keterangan tertulis pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya