Dinonaktifkan Jokowi, Firli Bahuri Tak Punya Kewenangan Lagi di KPK

Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung Merah Putih
Sumber :
  • KPK

Jakarta – Wakil ketua KPK Johanis Tanak menjelaskan bahwa Ketua KPK Firli Bahuri masih boleh saja berkunjung ke Kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan. Padahal, Firli Bahuri saat ini sudah diberhentikan secara sementara oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi Beri Sinyal Kelanjutan Insentif Mobil Hybrid

Dia menuturkan Firli Bahuri masih boleh berkunjung ke kantor KPK. Kendati demikian, Firli Bahuri saat ini sudah tak boleh mengambil keputusan apapun soal kelembagaan.

"Kalau ke kantor sah-sah saja, karena dia kan hanya diberhentikan sementara, tentunya dalam kedudukan beliau tugas dan kewenangannya diberhentikan tidak boleh tidak mengambil keputusan apapun juga," ujar Tanak di gedung merah putih KPK, Sabtu 25 November 2023.

Alasan Nurul Ghufron Gugat Dewas KPK ke PTUN dan MA

Firli Bahuri Penuhi Panggilan Dewas KPK

Photo :
  • VIVA/Zendy

Tanak pun menuturkan kalau akses Firli Bahuri pun sudah otomatis terputus usai Jokowi menandatangani surat pemberhentian sementara Firli.

Pembunuh Wanita dalam Koper Gasak Rp43 Juta, Sebagian Uang Dipakai Buat Ongkos Pulang ke Palembang

"Pemutusan akses sejak adanya keputusan presiden maka akses beliau sebagai pimpinan atau sebagai Ketua itu terputus untuk sementara waktu sampai proses hukum selesai," ucap Tanak.

Diketahui, Firli Bahuri diberhentikan sementara Jokowi karena telah menjadi tersangka dalam dugaan kasus pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberhentian Firli Bahuri sebagai Ketua KPK pada Jumat, 24 November 2023. Kini, Jokowi menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan Presiden Jokowi menandatangani Keputusan Presiden tersebut setelah mendarat di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Jumat, 24 November 2023. Menurut dia, Jokowi baru saja selesai kunjungan kerja dari Kalimantan Barat.

“Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri, sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK,” kata Ari melalui keterangannya pada Jumat malam, 24 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya