Jokowi: Tingkat Stres Guru Lebih Tinggi Dibanding Profesi Lain

Presiden Jokowi menghadiri acara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional 2023
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut tingginya tingkat stres pada guru dibandingkan profesi pekerjaan lainnya. Sehingga Jokowi mengatakan profesi guru bukan merupakan pekerjaan yang ringan.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

"Menurut sebuah lembaga riset internasional yang saya baca. RAND Corporation tahun 2022. Bahwa tingkat stres guru itu lebih tinggi dibandingkan pekerjaan yang lain," kata Jokowi  dalam acara Peringatan HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional di Jakarta, pada Sabtu, 25 November 2023.

"Tapi kalau saya lihat seluruh anggota PGRI ndak (stres), saya lihat ceria semua, artinya lembaga riset ini bukan di Indonesia," sambungnya disambut gelak tawa hadirin

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Berdasarkan riset lembaga internasional, lanjut Jokowi, tingkat stres yang dialami guru lebih tinggi dibandingkan profesi lainnya disebabkan tiga faktor, yaitu perilaku siswa, perubahan kurikulum, dan perkembangan teknologi.

"Hati-hati pak Mendikbud. Ttapi ya kurikulum memang harus berubah karena setiap saat perubahan itu selalu ada, apalagi sekarang ini dengan disrupsi teknologi yang begitu cepatnya, setiap hari berubah terus," ungkapnya

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Jokowi menghadiri acara Peringatan HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional 2023

Photo :
  • Antara

Atas dasar itu, Jokowi meminta semua guru menyikapi berbagai tantangan tersebut dengan cepat beradaptasi, terutama untuk mengikuti perubahan teknologi.

Dia kemudian menyoroti pula tentang kesenjangan infrastruktur dan fasilitas pendidikan antara wilayah perkotaan dan daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

"Saya kalau ke daerah mampir ke SMK, saya lihat SMK di sebuah kabupaten, kemudian saya bandingkan dengan SMK yang di kota memang gapnya, sarana prasarana memang sangat jauh berbeda, dan itu tugasnya Menteri Pendidikan (untuk mencarikan solusinya)," ungkapnya

Jokowi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pahlawan pendidikan di Tanah Air, mengingat beratnya tantangan dan tugas yang dihadapi guru 

"Pada kesempatan yang baik ini atas nama pribadi, atas nama pemerintah, atas nama rakyat, saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi, atas kontribusi para guru dalam mendidik generasi muda Indonesia—dalam mendidik kita semua," tutur dia.

Dalam Peringatan HUT ke-78 PGRI tersebut, Presiden Jokowi turut didampingi oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim, Menko PMK Muhadjir Effendy, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya