Bentrok Ormas Pro Israel dan Palestina di Bitung, Kapolda Sulut: Kami Harap Semua Tenang

Laskar Manguni kibarkan bendera Israel di Kota Bitung, Sulut
Sumber :
  • Tangkapan layar media sosial

Bitung - Pihak kepolisian memastikan bahwa situasi di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) telah kondusif setelah sebelumnya terjadi bentrok yang melibatkan dua ormas yang berbeda pandangan terkait Israel dan Palestina.

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Setyo Budiyanto dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu malam 25 November 2023. Dia menyampaikan bahwa pihak kepolisian dan juga pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga dan mengamankan situasi yang sempat memanas 

"Jadi bentrokan ini situasinya sudah mulai membaik,” katanya, Sabtu, malam 

Kelompok Kemanusiaan Periksa Persenjataan Mematikan yang Belum Meledak di Gaza

Jenderal bintang dua itu mengungkap bahwa penyebab bentrokan itu disebabkan adanya kesalahpahaman sehingga memicu terjadinya bentrok ormas tersebut. 

Laskar Manguni bakar bendera Palestina di Kota Bitung, Sulut

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial
Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

“Pemicunya karena pertikaian antar kelompok. Dari salah paham berujung bentrok," katanya 

Saat ini, kata Setyo, pihaknya meminta agar masyarakat tak terprovokasi dengan sejumlah ulah provokator yang mencoba memperkeruh suasana lewat sejumlah unggahan di media sosial. Kemudian, pihak kepolisian juga akan terus melakukan antisipasi terhadap segala kemungkinan yang terjadi. 

“Kami akan terus berusaha untuk melakukan pengamanan secara maksimal. Mudah-mudahan, sudah nggak ada lagi kejadian dampak dari kegiatan hari ini,” kata Setyo 

Lebih jauh, dia pun berharap agar masyarakat menyerahkan seluruh persoalan yang terjadi kepada pihak kepolisian agar persoalan ini tak akan pernah terulang kembali. 

Kapolda Sulut, Irjen Pol Setyo Budiyanto

Photo :
  • Dok Humas Polda Sulut

"Diharapkan agar masalah ini kami yang tangani bersama pemerintah setempat agar tidak terjadi salah paham lagi atau pun gesekan yang dapat memperkeruh keadaan. Jadi kami harap semua tetap tenang," terangnya. 

Sebelumnya telah diberitakan bentrok antar ormas di Kota Bitung. Dalam video yang beredar, terlihat saling serang ormas terjadi di jalanan Kota Bitung. Bentrok ini terjadi sejak sore hingga malam di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu 25 November 2023.  

Informasi diperoleh, kelompok ormas yang bentrok itu merupakan massa pro Israel dan Palestina. Bentrok ini pun viral di media sosial. 

"Kota Bitung Sulawesi Utara Memanas, Dua Kubu Massa Pro lsraeI dan PaIestina Bertemu dan Bentrok di Jalan, Sabtu 25 November 2023," tulis akun Instagram @fakta.indo. 

Belum ada laporan berapa jumlah korban yang timbul dari bentrok tersebut. Namun, dari video-video yang tersebar, ada anggota ormas dari masing-masing yang alami luka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya