Bentrok Ormas di Bitung, Kemenag: Bukan Masalah Agama dan Suku, Tapi Kriminal

Laskar Manguni kibarkan bendera Israel di Kota Bitung, Sulut
Sumber :
  • Tangkapan layar media sosial

Bitung – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara, Sarbin Sehe, menegaskan bahwa peristiwa yang terjadi di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pada Sabtu (25/11), bukanlah masalah agama atau ras, melainkan merupakan peristiwa kriminal.

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

"Saya menegaskan bahwa peristiwa yang terjadi di Kota Bitung merupakan peristiwa kriminal, tidak ada hubungan dengan masalah suku, agama, ras, dan golongan," kata Sarbin pada hari Senin (27/11/2023) di Bitung, Sulut.

Kakanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe

Photo :
  • ANTARA/Nancy L Tigauw
Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Kakanwil mengajak semua elemen masyarakat di Kota Bitung untuk tetap tenang dan mempercayakan penanganan kasus tersebut kepada aparat penegak hukum.

"Kita percayakan penyelesaian kasus kriminal tersebut kepada aparat penegak hukum," jelasnya.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Selain itu, Kakanwil juga mengimbau para pimpinan lembaga agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat guna menjaga persatuan, kerukunan, dan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat Kota Bitung.

Laskar Manguni bakar bendera Palestina di Kota Bitung, Sulut

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial

Khususnya kepada ASN Kemenag Kota Bitung, Kakanwil meminta mereka untuk mempublikasikan kegiatan mereka di media sosial masing-masing, sehingga masyarakat dapat mengetahui bahwa situasi di Kota Bitung aman dan semua aktivitas masyarakat berjalan seperti biasa. (ANTARA)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya