Arya Sinulingga: Proyek IKN Nusantara Balas Kontribusi Kalimantan untuk Indonesia

Stafsus Menteri BUMN Arya Sinulingga.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Jakarta - Juru Bicara Kementerian BUMN, Arya Sinulingga menanggapi pernyataan calon Presiden Anies Baswedan yang mengkritik pembangunan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Menurut Arya, proyek IKN Nusantara ini merupakan membalas atas kontribusi Kalimantan yang sangat besar untuk Indonesia.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Bahkan, Arya membeberkan kontribusi yang diberikan Kalimantan untuk Indonesia seperti ekspor batu bara di Kalimantan Timur hampir mencapai Rp100 triliun. Nah, Arya mengatakan kontribusi ini baru dari Kalimantan Timur belum Kalimantan secara keseluruhan.

Reforestasi IKN.

Photo :
  • Dokumentasi MIND ID.
Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

“Kalau cuma Rp600 triliun (untuk pembangunan ibu kota baru), itu kecil dibanding kontribusi Kalimantan,” kata Arya melalui keterangannya pada Jumat, 1 Desember 2023.

Maka dari itu, Arya mengatakan sudah waktunya pembangunan dipindah ke Kalimantan. Karena, kata dia, sumber daya alam yang dikeruk dari Kalimantan untuk Indonesia sangat besar kontribusinya.

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

“Kontribusi Kalimantan untuk Indonesia sudah sangat besar,” jelas dia.

Presiden Jokowi secara simbolis memasang modul pertama Garuda di IKN

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Saat ini, Arya mengatakan pembangunan semua terpusat di Jawa sehingga banyak anak-anak muda di luar Jawa merantau ke Jawa. Akibatnya, lanjut dia, jika dikasih pembangunan pun orang-orang terbaiknya pergi ke Jawa. Sehingga, Arya menyebut sudah tepat bandul pemerintahan dipindah ke Kalimantan.

“Biar kaca mata pembangunan sekarang pindah ke Kalimantan,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya