Sah! Ini Tema Debat Capres-Cawapres 2024

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari usai rapat teknis pendaftaran capres-cawapres
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan tema debat untuk calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Penentuan tema debat ini dibahas dalam rapat koordinasi yang digelar KPU bersama dengan perwakilan tim kampanye pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Rabu, 6 Desember 2023.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan selain tema, ada beberapa hal lain yang dibahas dalam pertemuan dengan perwakilan paslon.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari

Photo :
  • VIVA/Ilham Rahmat

"Pertama adalah soal format debat capres-cawapres, kedua tema untuk masing-masing debat pertama sampai kelima. Kemudian, yang ketiga soal panelis," kata Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Rabu, 6 Desember 2023.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

"Keempat soal moderator yang akan memimpin atau memoderasi debat capres-cawapres. Kelima, soal undangan yang akan hadir pada debat capres-cawapres," ujarnya melanjutkan.

Berikut merupakan tema debat capres-cawapres:

Debat pertama: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan korupsi, Penguatan demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Debat kedua: Ekonomi (Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan Perkotaan.

Debat ketiga: Pertahanan , Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

Debat keempat: Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Debat kelima: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan Inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya