Jokowi, Gus Yahya dan Habib Luthfi Masuk 50 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia 2024

Presiden Jokowi dan Gus Yahya di acara Apel Hari Santri 2023, di Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta - The Royal Strategic Studies Center merilis daftar The World's 500 Most Influential Muslim 2024 atau 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia tahun 2024. Sementara, ada tiga tokoh Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut, diantaranya Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Dikutip dari situs themuslim500.com, Jokowi berada dalam urutan ke-13. Sedangkan, Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya pada posisi ke-20, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Habib Luthfi bin Yahya urutan ke-33.

Presiden Jokowi berdoa bersama Mbah Moen dan Habib Luthfi beberapa waktu silam.

Photo :
  • istimewa
PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Dalam ulasannya, sepak terjang Jokowi diawali karir politiknya sebagai Wali Kota Solo. Lalu, Jokowi terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2012. Kemudian, Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden RI periode kedua pada 2019.

Jokowi disebut memiliki hubungan dekat dengan konstituennya sejak menjadi Wali Kota Solo. Selanjutnya, Jokowi dinilai membangun reputasi sebagai politisi yang 'bersih', menghindari tuduhan korupsi dan nepotisme yang menjangkiti sebagian besar politisi.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Selain itu, Jokowi juga dianggap membangun budaya blusukan atau kunjungan secara mendadak ke beberapa tempat.

Presiden Jokowi menghadiri acara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional 2023

Photo :
  • Setpres

"Budaya Blusukan: Presiden Widodo terkenal dengan kunjungan mendadaknya untuk melihat dan mendengar langsung dari masyarakat setempat. Hal ini memungkinkan dia untuk secara langsung menyampaikan kekhawatiran dan kritik mereka, sehingga memungkinkan dia untuk mengembangkan hubungan pribadi yang kuat dengan masyarakat," tulis situs themuslim500.com dikutip pada Kamis, 7 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya