12 Kampung KB Dicanangkan oleh Kepala BKKBN di Daerah Otonomi Baru Provinsi Papua Selatan

Kepala BKKBN Canangkan 12 Kampung KB di Daerah Otonomi Baru Provinsi Papua Selat
Sumber :
  • Istimewa

Merauke – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) mencanangkan 12 Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) di empat distrik di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan pada Rabu 6 Desember 2023. 

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Pencanangan 12 Kampung KB dipusatkan di Kampung Waninggap Say, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke yang merupakan ibu kota dari daerah otonomi baru Provinsi Papua Selatan.

Ke-12 Kampung KB yang dicanangkan itu adalah Kampung Waninggap Say, Kampung Ngguti Bob, Kampung Amun Kay yang merupakan wilayah dari Distrik Tanah Miring.

Jokowi: Indonesia Succeeded in Reducing Stunting Rate

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo

Photo :
  • Istimewa

Lalu di Distrik Kurik terdiri dari Kampung Harapan Makmur, Kampung Salor Indah, Kampung Kurik, Kampung Anum Bob dan Kampung Ivimahad. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Selanjutnya di Distrik Elikobel mencakup Kampung Bupul dan Kampung Kwel. Di Distrik Naukenjerai, yang mencakup Kampung Onggaya dan Kampung Tomer.

Provinsi Papua Selatan merupakan hasil pemekaran Provinsi Papua bersama Provinsi Papua Pegunungan dan Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang nomor 14 Tahun 2022.

Kepala BKKBN Canangkan 12 Kampung KB di Daerah Otonomi Baru Provinsi Papua Selat

Photo :
  • Istimewa

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo mengatakan pembentukan Kampung KB bertujuan untuk mengiplementasikan kegiatan prioritas, yang meliputi pembangunan keluarga, kependudukan serta keluarga berencana. Inti dari program ini adalah mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

"Keluarga berkualitas bisa dicapai dengan merencanakan usia pernikahan, merencanakan kelahiran, mengatur jarak kelahiran, merawat bayi dengan memberikan asi eksklusif selama 2 tahun," kata dr. Hasto.

Terkait dengan stunting, dr Hasto mengatakan target penurunan stunting 14% pada tahun 2024 dan target antara sebesar 18 persen di akhir tahun 2023.

Dr. Hasto menjelaskan kendala yang dihadapi dalam upaya percepatan penurunan stunting adalah perilaku dari orang tua itu sendiri, mulai dari perilaku makan-makanan yang sehat dan perilaku hidup sehat.

Bupati Merauke Romanus Mbaraka dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda kabupaten Merauke Jeremias Paulus Ruben Ndiken menyambut baik pencanangan Kampung Berkualitas (KB) langsung oleh Kepala BKKBN Pusat.

"Pencanangan ini membuktikan Pemerintah Pusat perhatian terhadap berkembangan kualitas Ibu dan Anak di Wilayah Timur Indonesia atau lebih tepat di Wilayah Batas Negara. Untuk itu, tumbuh kembang Ibu dan Anak harus diperhatikan. Mulai dari asupan gizi hingga ke kesehatan Ibu dan Anak harus dijaga," katanya.

Kepala BKKBN Canangkan 12 Kampung KB di Daerah Otonomi Baru Provinsi Papua Selat

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, dalam membina keluarga harus direncanakan dengan baik. Mulai dari usia pernikahan, nikah, hamil, kelahiran hingga 1.000 hari pertama kehidupan (HPK). 

Menurut Bupati, anak yang berkualitas dapat dihasilkan dengan mengikuti program dari BKKBN.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Drs. Nerius Auparai, M.Si, menjelaskan dengan pencanangan ini diharapkan ada intervensi program dari semua instansi dapat dilakukan di 12 Kampung KB yang telah dicanangkan oleh Kepala BKKBN Pusat. 

"Kami berharap kepada tim pendamping keluarga dan Kepala Kampung yang ada di 12 Kampung, untuk memperhatikan keluarga-keluarga yang beresiko stunting. Jika ada segera lakukan intervensi dan laporkan," ujar Nerius.

Selain pencananganan Kampung KB, dr. Hasto dan jajaran Pemkab Merauke dan BKKBN Papua juga meninjau pelayanan KB MKJP, dapur sehat atasi stunting (Dashat) dan pemberian bantuan bagi keluarga berisiko stunting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya