Frengki Candra Kusuma, Korban Erupsi Gunung Marapi yang Jasadnya Keluarkan Bau Aroma Wangi

Frengki Candra Kusuma
Sumber :
  • TikTok

VIVA Nasional – Tragedi Gunung Marapi hingga saat ini masih menyisakan duka yang mendalam bagi sejumlah pihak, terutama para keluarga dari korban erupsi itu sendiri. 

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Gunung yang lokasinya berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat itu meletus hingga memuntahkan abu vulkanik setinggi 3.000 meter pada Minggu, 3 Desember 2023 tepatnya pukul 14.53 WIB.

Imbas dari meletusnya Gunung Marapi teridentifikasi bahwa terdapat 23 pendaki meninggal dunia saat erupsi Marapi. Dan terbaru ada nama Frengki Candra Kusuma yang diduga menjadi korban terakhir yang ditemukan oleh Tim SAR. 

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia

Jenazah Frengki Candra Kusuma putra asal Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat tersebut akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya di Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari.

Anggun Berkebaya, 100 Perempuan Indonesia Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung Kembang

Menurut Kalaksa BPBD Solok Selatan Novi Hendrik mengatakan, bahwa jenazah Frengki diberangkatkan ke kampung halaman pada Kamis sore, 7 Desember 2023 dengan menggunakan ambulance yang sudah difasilitasi oleh Pemkab Solok Selatan.

"Frengki berhasil diidentifikasi oleh tim Forensik Polda Sumatera Barat pada pukul 12.00 WIB siang ini. Jenazah akan dibawa langsung pulang bersama dengan keluarganya," kata Novi dalam keterangannya Kamis 7 Desember 2023.

Jenazah Frengki Meninggalkan Bau Harum

Setibanya di rumah duka, suara isak tangis histeris pun terdengar dari keluarga saat jenazah Frengki dipulangkan ke kediaman. Menariknya, setelah jenazah dipulangkan ke pihak keluarga ada hal menarik sekaligus bikin merinding yang disaksikan oleh banyak orang terhadap jasad sosok mendiang Frengki Candra Kusuma.

Yakni bau aroma harum yang sangat menyengat dari jasad mendiang Frengki. Berawal dari saksi seorang pendaki  yang menemukan jasadnya di puncak Marapi bau harum itu sudah tercium. Bahkan, sampai dibawa ke dalam mobil ambulance bau harum itu masih ada.

Awalnya, banyak orang yang mengira jika itu hanya bau biasa namun ternyata berasal dari jasad seorang pendaki yang ternyata seorang hafiz Alquran.

Reaksi Warganet

Kebenaran terkait bau harum yang ditinggalkan sosok mendiang Frengki Candra Kusuma pun dibenarkan oleh sejumlah warganet di media sosial. 

Di mana tak sedikit dari mereka merupakan sosok teman dari korban erupsi Gunung Marapi ini.

Kebaikan dari mendiang pun satu per satu diungkapkan oleh para pengguna media sosial di kolom komentar.

"frenky dan zikri saya dapat cerita dr seorang relawan. frenky dan zikri ikut melindungi ibu novita membantu whalul," tulis warganet.

"pak frengki emng baik dan sabar dulu pak kii ngajar aku di smp sbgai guru pl emng the best baik nya sabar bnget wktu aku di uks pak kii selaluu jagain," tulis lainnya.

"iyaa saya salaĥ satu yg mencium wangi salah satu korban turun dari ambulan di RS.saya fikir itu bau petugas2 Rs," tandas saksi yang saat itu mencium bau aroma wangi dari jenazah Frengki.

"postingan ulangnya frengki positif vibes bgt, MasyaAllah," seru warganet.

"Pak frengki orgnyaa baik bgtt dia pernah ngajarin sya di smp pokoknyaa baik bgtt,doa yg terbaik aja buat bapak disana semogaa amal baik bapak diterima," kata lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya