Gibran Blak-Blakan soal Persiapannya Hadapi Debat Pilpres Pertama

Kampanye Gibran Rakabuming Raka di Cilincing Jakut
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengklaim telah melakukan sejumlah persiapan untuk debat resmi pemilihan presiden 2024. Gibran mengaku telah melakukan simulasi debat. 

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

"Sudah-sudah (persiapan), udah simulasi juga," ujar dia kepada wartawan, Sabtu 9 Desember 2023.

Pria yang menjabat sebagai Wali Kota Surakarta itu mengatakan, simulasi debat juga bakal dilakukan bersama pasangannya, calon presiden Prabowo Subianto. Meski begitu, dia tidak merinci kapan simulasi dengan Prabowo itu dilakukan. "Nanti ada (bersama Prabowo)," katanya.

Said Iqbal Tegaskan Partai Buruh Akan Dukung Prabowo Gibran

Sebelumnya diberitakan, debat pertama calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan radio. Debat perdana tersebut digelar pada 12 Desember 2023.  

Kampanye Gibran Rakabuming Raka di Cilincing Jakut

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

"Rencananya dijadwal akan dimulai jam 19.00 WIB. Kalau penyiaran prime time," kata Komisioner KPU RI August Mellaz di Kantor KPU, Menteng, Jakarta, Jumat, 8 Desember 2023. 

Mellaz menerangkan, debat pertama nanti akan disiarkan oleh TVRI dan RRI.

Saling Sanggah

August Mellaz memastikan dalam debat akan ada interaksi saling menanggapi saat debat pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024.

"Yang jelas ada pendalaman, kan mereka bisa saling merespons satu sama lain. Apakah itu namanya sanggah-sanggahan? Yang jelas KPU tidak dalam rangka itu," kata Mellaz di Jakarta 

Dia menilai KPU tak ingin terjebak dalam diksi "sanggah-sanggahan" yang tengah ramai di media, antara tim sukses (timses) masing-masing pasangan capres-cawapres. Menurutnya, pendalaman itu bisa berasal dari moderator ataupun peserta lain. Oleh karena itu, pihaknya tengah memfinalisasi rencana itu. 

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

KPU RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.

Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya