Gunung Marapi Erupsi Lagi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 500 Meter

Gunung Marapi, Sumatra Barat erupsi lagi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

Padang - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali erupsi pada Rabu pagi tadi sekitar pukul 05.52 WIB. Dari data PVMBG, erupsi tersebut melontarkan abu vulkanik setinggi kurang lebih 500 meter di atas puncak gunung.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Petugas Pos Pengamatan Gunung Marapi Ahmad Rifandi dalam laporannya menyampaikan kolom abu tebal berwarna kelabu yang keluar dari Marapi mengarah ke timur.

Warga di sekitar Gunung Marapi serta pengunjung diimbau tak diperbolehkan berada di area dalam radius tiga kilometer dari kawah puncak gunung.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Gunung Marapi di Sumatera Barat Erupsi.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)/-HO-PVMBG Badan Geologi.

Pun, tingkat aktivitas Gunung Marap, yang berada di wilayah Kabupaten Agam dan Tanah Datar disebut PBMBG masih berada di Level II atau Waspada.

Kloter Pertama Jemaah Haji Sumbar Terbang ke Tanah Suci 12 Mei 2024

Dari pengamatan PVMBG, Gunung Marapi selama periode 12 Desember 2023 pukul 00.00 sampai 24.00 WIB mengalami 44 kali gempa hembusan. Selain itu, empat kali gempa letusan, empat kali gempa tektonik jauh. Lalu, alami juga satu kali gempa vulkanik dalam, dan satu kali gempa tektonik lokal.

Tragedi erupsi Marapi juga telah memakan korban sebanyak 23 jiwa. Dilaporkan total ada 75 pendaki yang tercatat mendaki puncak salah satu gunung paling aktif di Pulau Sumatera tersebut pada Minggu, 3 Desember 2023. Sebagian besar pendaki berhasil turun saat terjadi erupsi. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya