Dirjen Bimas Kristen Kemenag Launching Video Bahasa Isyarat Alkitab Bagi Disabilitas

Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI
Sumber :
  • dok. Istimewa

Bandung – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia baru saja meluncurkan Video Bahasa Isyarat Ayat Alkitab bagi masyarakat disabilitas tuli di Arya Duta Hotel Bandung, Jawa Barat. Peluncuran video bahasa isyarat ayat alkitab dilakukan pada saat Perayaan Natal Ditjen Bimas Kristen yang dilaksanakan pada 13 Desember 2023.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Peluncuran video bahasa isyarat ayat alkitab ini merupakan kado Natal sekaligus langkah awal untuk meningkatkan aksesibilitas kebutuhan rohani bagi masyarakat penyandang disabilitas tuli di Indonesia. Sebagai langkah awal, video bahasa isyarat ayat alkitab ini mengambil ayat-ayat alkitab populer dengan tema Natal, Paskah, Doa Bapa Kami dan Buah-Buah Roh.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Jeane Marie Tulung mengungkapkan peluncuran video bahasa isyarat ayat alkitab ini sebagai salah satu wujud pemerintah meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi masyarakat disabilitas tuli.

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

“Untuk menegaskan kepedulian dan memperkuat solidaritas dalam meletakkan dasar yang kuat bagi perlindungan penyandang disabilitas, khususnya teman tuli, Pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Agama ingin berkontribusi meningkatkan kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, khususnya akses terhadap kebutuhan rohani. Hal ini bertujuan untuk memperjuangkan hak dan pengakuan kesejahteraan para teman tuli. Untuk itu Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen mewujudkan sumbangsih konkretnya menyediakan video bahasa isyarat ayat-ayat Alkitab bagi teman-teman tuli.”

Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI

Photo :
  • dok. Istimewa
Penghulu dan Penyuluh Dilibatkan Sebagai Aktor Resolusi Konflik Berdimensi Agama

Selanjutnya, Ia juga mengungkapkan komitmen Ditjen Bimas Kristen Kemenag untuk terus menyediakan video bahasa isyarat ayat alkitab serupa di tahun-tahun mendatang.

“Kita berharap, kedepan akan menyediakan lebih banyak lagi video bahasa isyarat ayat alkitab bagi teman tuli untuk membantu mereka menghayati Firman Tuhan dengan nyaman. Dengan demikian diharapkan iman kristianinya dapat bertumbuh dan memberi dampak positif pada dirinya dan siapapun yang ada disekitarnya, sehingga orang dapat mengenal karakter Kristus melalui pribadinya.”, ungkapnya. 

Menutup sambutannya, Dirjen Bimas Kristen menyampaikan akan merancang program serupa bagi masyarakat disabilitas lainnya. “Kita akan merancang agar menyasar teman-teman tuli bahkan teman-teman disabilitas lainnya, termasuk didalamnya internalisasi program moderasi beragama yang digaungkan oleh Kementerian Agama.”

Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI

Photo :
  • dok. Istimewa

Dalam pembuatan video bahasa isyarat ayat alkitab ini, Ditjen Bimas Kristen bekerjasama dengan Yayasan Suluh Insan Lestari yang salah satu fokus pelayanannya adalah menterjemahkan alkitab dalam beberapa bahasa di Indonesia yang salah satunya adalah bahasa isyarat.

Peluncuran video bahasa isyarat ayat alkitab ini ditanggapi dengan baik oleh masyarakat disabilitas tuli, salah satunya Yessica Ayu Daraningrum. Yessica mengungkapkan bahwa video bahasa isyarat ayat alkitab inilah sangat membantu dirinya memahami Firman Tuhan.

“Waktu saya melihat video ini, saya semakin mudah memahami dan mengerti tentang Firman Tuhan.” Ia juga menambahkan, video seperti inilah yang dibutuhkan oleh sahabat tuli. “Video ini dibuat untuk kami, dan video inilah yang kami butuhkan dan juga yang kami tunggu-tunggu.”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya