Banteng Muda Indonesia Luncurkan Program JAR3K

DPP Banteng Muda Indonesia meluncurkan program unggulan Jaga Republik (JAR3K)
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - DPP Banteng Muda Indonesia meluncurkan program unggulan Jaga Republik (JAR3K) untuk pemenangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD serta PDI Perjuangan (PDIP). Peluncuran program diselenggarakan di Kantor DPP BMI, Jl. Prof. Soepomo No. 71, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu, 16 Desember 2023.

Kemenparekraf Kick Off Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024, Diawali Dua Kota Ini

"Program JAR3K adalah program yang telah dan terus dikerjakan oleh BMI dengan sinkronisasi visi-misi paslon Ganjar-Mahfud serta PDI Perjuangan untuk meraih kemenangan Pemilu 2024," kata Ketua Umum DPP BMI Mochamad Herviano Widyatama yang akrab disapa Bung Vino.

"Program JAR3K diantaranya, yakni: JAGA UMKM, Jaga Disabilitas (JAGAD), Jaringan untuk Rakyat (JUARA) mencakup jaringan internet dan digitalisasi UMKM, Jaga Keluarga Sehat Ternutrisi (JAGA NUTRISI), Jaga Wisata Yuk (JATAYU), Jaga Jiwa dan Raga (JAGAWARGA), Bersama Jaga dan Tanggap Bencana (BEJANA), Jaga Perempuan Indonesia (JAPRI), serta Jaga Seni Budaya dan Musik Indonesia (JASMANI)," kata Bung Vino saat diwawancarai dalam Launching Program JAR3K di sela acara Pelantikan DPC BMI Kota Semarang, Jumat 15 Desember 2023.

Oposisi Akan Jadi Minoritas dan Kandidatnya Hanya PKS-PDIP, Menurut Peneliti Senior BRIN

DPP Banteng Muda Indonesia meluncurkan program unggulan Jaga Republik (JAR3K)

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, Sekretaris Jenderal DPP BMI Bung Patria Ginting menambahkan, dukungan Aplikasi digital Media Pintar Perjuangan (MPP) PDI Perjuangan yang ada fitur Pasar Gotong Royong merupakan media pendorong kerja BMI untuk menggerakkan pelaku UMKM dapat menambah penghasilan," jelas Patria.

Bentuk Kepedulian Muhammadiyah Buat Penyandang Difabel

"Begitu pula dukungan kepada teman-teman disabilitas. BMI selalu mengajak disabilitas dalam setiap kegiatan, memberikan bantuan pendanaan, agar disabilitas yang memiliki usaha ekonomi bisa bekerja dan mandiri," tandas Andhika Putra Wijaya selaku Ketua DPP BMI Bidang Pemenangan Pemilu.

Untuk menjaga keluarga sehat ternutrisi dan mencegah potensi stunting, BMI sosialisasikan varian resep makanan murah meriah ala Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan, Prof. Dr. (HC.) Megawati Soekarnoputri. BMI juga mencanangkan penyuluhan nutrisi gratis serta mendorong kesadaran generasi muda akan pentingnya pencegahan stunting melalui nutrisi yang baik bagi remaja pra nikah.

"Setiap keluarga bisa melakukan pencegahan stunting dan gizi buruk pada balita sejak sebelum nikah melalui perhatian lebih bagi para pasangan remaja pra nikah," ujar Ibrahim Galih Akbar, Ketua DPP BMI Bidang Pangan dan Pertanian.

Program Jaga Wisata Yuk atau JATAYU diwujudkan melalui pengawalan potensi pariwisata _hidden gem_ atau spot pariwisata tersembunyi yang jarang terekspos serta membangun kesadaran bersama akan pelestarian dan kebersihan  lingkungan hidup. BMI juga pernah melepasliarkan tukik, anak penyu hijau di kawasan pantai Kepulauan Seribu.

Untuk program Jaga Jiwa dan Raga (JAGAWARGA), DPP BMI, DPD BMI di tingkat provinsi hingga DPC BMI aktif mengajak masyarakat ikut Senam Sicita yang gerakan senamnya menggambarkan nilai-nilai Pancasila. Salah satu kader BMI, Tia Rahmania yang juga berprofesi sebagai psikolog mendapatkan tugas dari PDI Perjuangan untuk mengawal kesehatan jiwa di aplikasi Partai yang bernama Media Pintar Perjuangan yang digagas oleh Bapak Prananda Prabowo, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Digital.

"Ketua DPD BMI Provinsi Banten Tia Rahmania perempuan psikolog yang peduli terhadap kesehatan mental. Jeng Tia berpengalaman memberi pendampingan maupun ceramah kesehatan mental di berbagai forum," kata Andhika.

DPP Banteng Muda Indonesia meluncurkan program unggulan Jaga Republik (JAR3K)

Photo :
  • Istimewa

Terkait ikhtiar Bersama Jaga dan Tanggap Bencana (BEJANA), DPP BMI merespons dengan membentuk Pemuda Tanggap Bencana (PTB). PTB BMI digerakkan oleh kader muda terlatih merespons bencana, dilengkapi mobil ambulance dan kendaraan angkut barang.

"PTB BMI pernah hadir membantu ringankan beban warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur, gempa bumi di Cianjur Jawa Barat, juga warga korban bencana kebakaran yang pernah melanda beberapa lokasi di Jakarta," jelas Andhika.

"DPD BMI Provinsi Aceh pernah menyusuri pendalaman Aceh Tamiang dan Aceh Timur antarkan bantuan untuk korban banjir yang terisolir pada bulan November 2022 lalu," imbuh Andhika.

Sementara menurut Pricilla J. Justian, Ketua DPP BMI Bidang Perempuan dan Anak, program Jaga Perempuan Indonesia (JAPRI) diwujudkan BMI melalui podcast Muda Berjuang. Podcast ini dibawakan oleh ia sendiri sebagai _host_ melalui akun youtube @BantengMudaIndonesia. 

Setiap kali DPP BMI menggelar kegiatan, Pricilla adalah _front women_ pengatur kelancaran jalannya sebuah acara.

Untuk program Jaga Seni Budaya dan Musik Indonesia (JASMANI) yang dikomandoi oleh Bung Marcell Siahaan, Ketua DPP BMI Bidang Kebudayaan, BMI menaruh perhatian besar kepada para musisi, baik berlatar belakang musik modern maupun tradisional. BMI sempat menggelar konser musik Bersukaria memeringati Bulan Bung Karno. Konser musik yang dimeriahkan penampilan
Rossa, Marcel Siahaan, Netral, NDX A.K.A, Lobow, Armada, D'Bataks Band, hingga Institut Penyanyi Jalanan ini dihadiri puluhan ribu penonton.

Kemudian BMI kolaborasi bersama NDX A.K.A membuat karya lagu dan video klip 'Bantenge Metu Kandang'. Lagu untuk pemenangan Ganjar-Mahfud dan PDI Perjuangan ini menjadi ruang eksistensi di blantika musik nasional. 

Saat final kompetisi sepak bola Liga Kampung U-17 di Gelora Bung Karno, BMI mengajak seniman angklung dan musik bambu hadir di antara penonton memeriahkan pertandingan.

"BMI berinisiatif menambahkan program, sekaligus konsisten gotong royong bersama pemuda untuk Jaga Republik, demi wujudkan Indonesia Unggul," pungkas Andhika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya