Gunung Marapi Erupsi Lagi, Warga Sekitar Diminta Waspada 

Erupsi Gunung Marapi dibarengi dentuman keras Sabtu pagi, 30 Desember 2023
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Sumatera Barat –  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamat Gunung Api Marapi, Sumatera Barat mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal di sekitar kaki gunung Marapi untuk tetap waspada akan potensi erupsi dan ancaman bahaya lahar dingin yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Imbauan itu, terus disampaikan petugas PVMBG Pos Pengamat Gunung Api Marapi terkait menyusul kejadian erupsi Gunung Marapi yang masih terus terjadi. Meski erupsi pagi tadi dibarengi dengan suara dentuman yang cukup keras, namun seluruh pihak diminta agar dapat menjaga kondusivitas suasana di masyarakat. Karena, suara dentuman itu merupakan kejadian alamiah ketika erupsi.

"Kita terus mengimbau masyarakat yang bermukim di sekitar lembah, aliran atau bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan," kata petugas Pos Pengamat Gunung Api Marapi, Teguh Purnomo, Sabtu, 30 Desember 2023.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Gunung Marapi di Sumatera Barat meletus

Photo :
  • Dok BNPB

Selain itu, kata Teguh, warga juga diminta selalu rutin mengecek kondisi atap rumah terutama di saat adanya paparan abu vulkanik. Apabila ditemukan adanya tumpukan abu vulkanik di atap rumah, maka segera dibersihkan untuk menghindari robohnya atap.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Imam, salah seorang warga Batu Plano, Sungai Pua, Kabupaten Agam menyebut erupsi pagi tadi terlihat secara visual lumayan besar. Bahkan, sejak kemarin, kawasan di Batu Plano dihujani abu vulkanik. Meski demikian, secara umum kondisi di Batu Plano masih kondusif.

"Tadi pagi meletus lagi. Ada hujan abu," tutup Imam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya