Soal Hukuman Pengeroyok Relawan Ganjar-Mahfud, Panglima TNI: Itu Ranahnya KSAD

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan hukuman terhadap prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 408/Raider Kodam IV/Diponegoro yang diduga mengeroyok relawan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berada di tangan KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak.

Habiburokhman: Jangan Ada Pihak yang Memecah Relawan dengan TKN Prabowo-Gibran

Sejauh ini, Agus menyebutkan, Maruli sudah memerintahkan satuannya untuk menangani kasus pengeroyokan itu sampai tuntas.

"Saya rasa itu ranahnya Bapak KSAD ya. Bapak KSAD sudah memerintahkan satuan terkaitnya untuk menangani masalah itu," kata Agus kepada wartawan dikutip Senin, 1 Januari 2024. 

Mayjen TNI Candra Wijaya Rotasi Jabatan Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka, Ini Daftarnya

Lebih jauh, Agus juga mengatakan beberapa langkah telah dilakukan terkait kasus dugaan pengeroyokan relawan Ganjar-Mahfud itu. Salah satunya dengan memberikan santunan terhadap para korban. "Sudah melakukan langkah-langkah, memberikan santunan dan sebagainya," kata Agus. 

Relawan Ganjar-Mahfud Dikeroyok

AKBP Syukur: Seorang Warga Tak Terlibat OPM Dipulangkan ke Keluarganya

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 7 relawan pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjadi korban penganiayaan sejumlah oknum anggota TNI AD Yonif Raider 408/Suhbrastha Kompi B di Boyolali, Jawa Tengah.

Ilustrasi perkelahian - ilustrasi pengeroyokan - ilustrasi tawuran

Photo :
  • Istimewa

Dandim 0724/Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Wiwoho membenarkan terjadinya kasus penganiayaan yang diduga dilakukan oleh beberapa oknum TNI AD terhadap sejumlah warga sipil di depan Markas Yonif Raider 408/Suhbrastha di Boyolali pada Sabtu, 30 Desember 2023. 

“Kasus penganiayaan tersebut benar adanya dan pelakunya adalah beberapa oknum dari Yonif 408/Suhbrastha,” kata dia kepada wartawan di Makodim 0724/Boyolali pada Minggu, 31 Desember 2023.

Akibat dugaan kasus penganiayaan yang dilakukan anggota Yonif 408/Suhbrastha, disebutkan dia sebanyak 7 orang korban. Dari jumlah itu, 5 orang sudah bisa kembali ke rumahnya masing-masing dengan status rawat jalan.

“Sedangkan, 2 orang saat ini masih rawat statusnya dan semoga kondisinya semakin baik dan bisa sembuh seperti sedia kala,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya