Intensitas Hujan Tinggi, Bengkayang Dilanda Banjir Bandang

Tangkapan layar dari video yang menunjukkan banjir bandang di Begkayang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)

Bengkayang – Intensitas hujan yang tinggi membuat Sungai Sebalo meluap dan menyebabkan banjir bandang di Kelurahan Bumi Emas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. (Kalbar)

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ratusan kepala keluarga terdampak banjir bandang yang meluap hingga ketinggian 2 meter dari permukaan Sungai Sebalo, Kamis, 4 Januari 2024 malam. 

"Banjir bandang yang terjadi disebabkan Sungai Sebalo yang meluap hingga 2 meter, akibat hujan deras dengan intensitas tinggi," ujar Kasatgas Informasi BPBD Kalbar Daniel, Jumat, 5 Januari 2024

Kasus Korupsi Kredit Macet Jaksa Eksekusi Eks Pegawai Bank BNI ke Penjara

Daniel mengatakan, ada ratusan kepala keluarga dan sejumlah fasilitas umum yang terdampak dan masih dalam pendataan. "Pemda Bengkayang merespons cepat dengan menyediakan tempat pengungsian yakni di Gedung Pancasila," ujarnya. 

Ilustrasi hujan

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar
Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Menurut Daniel, hingga saat ini BPBD Bengkayang bersama instansi terkait telah melakukan serangkaian langkah penanggulangan terhadap warga yang terdampak. 

"Saat ini banjir bandang sudah surut dan menyisakan lumpur serta material bawaan banjir lainnya yang tengah dibersihkan masyarakat dan petugas," ujarnya. 

Berdasarkan laporan petugas di lapangan diketahui ada beberapa rumah warga rusak dan kotor karena lumpur. Sejumlah warga pun diketahui sempat mengungsi, namun saat ini sudah pulang ke rumah masing-masing. 

"Dari kejadian kemarin tidak ada dilaporkan korban jiwa, sedangkan kerugian materiil belum bisa diperhitungkan," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya