Wapres Minta Pihak-pihak Terkait Koreksi Kesalahan dalam Tabrakan Kereta di Cicalengka

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan keterangan usai makan siang bersama dengan wartawan Istana Wakil Presiden, di kompleks Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta pihak-pihak terkait segera mengoreksi kesalahan yang menyebabkan kecelakaan Kereta Api (KA) Turangga relasi Bandung-Surabaya dengan KA Commuter Line Bandung Raya di lintas Haurpugur-Cicalengka di wilayah Kabupaten Bandung, Jumat, 5 Januari 2023.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

“Mungkin itu perlu dikoreksi itu, [salahnya] di mana letaknya, apa manusia, human error ya, atau ada pengaturan teknisnya yang [salah], itu di mana letaknya itu,” kata Ma’ruf usai makan siang bersama wartawan di kompleks Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan apabila kecelakaan disebabkan kesalahan manusia maka pihak terkait mesti melakukan seleksi petugas yang bertanggung jawab atas sistem perkeretaapian.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Evakuasi Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka Jawa Barat

Photo :
  • (Foto AP/Abdan Syakura)

Dia menekankan kecelakaan itu bukan kejadian yang diinginkan semua orang, namun tabrakan semestinya tidak boleh terjadi karena kesalahan teknis.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

“Kecelakaan itu memang istilahnya itu, sesuatu kejadian yang tentu tidak diinginkan. Tetapi kan ini masalahnya masalah teknis, pengaturan kan, pengaturan yang terjadi ada distorsi, sehingga terjadi tabrakan itu. Nah, itu yang saya kira enggak boleh terjadi,” katanya.

Wapres mengatakan kecelakaan Kereta Api (KA) Turangga relasi Bandung-Surabaya dengan KA Commuter Line Bandung Raya adalah hal yang fatal. Dia meminta pihak terkait lebih teliti dalam penyelenggaraan sistem perkeretaapian di Indonesia.

“Ini nyawa manusia dan tentu kerugian-kerugian lainnya. Kalau di jalan itu kan enggak ada batas kan, kalau kereta api ini kan ada relnya. Relnya itu pengaturannya kan, berarti kan ada sesuatu yang tidak sinkron pengaturan sehingga terjadi terjadi tabrakan,” ujarnya.

Evakuasi Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka Jawa Barat

Photo :
  • (Foto AP/Abdan Syakura)

Pada Jumat pagi, terjadi kecelakaan antara Kereta Api (KA) Turangga relasi Bandung-Surabaya dengan KA Commuter Line Bandung Raya di lintas Haurpugur-Cicalengka di wilayah Kabupaten Bandung.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus memastikan 478 penumpang kereta yang mengalami kecelakaan selamat. Sedangkan empat petugas PT KAI disebut meninggal dunia karena kejadian itu. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya