5 Rentetan Bencana Alam di Awal Tahun 2024, dari Gempa Bumi Hingga Tabrakan Kereta Api

Evakuasi Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka Jawa Barat
Sumber :
  • (Foto AP/Abdan Syakura)

Jakarta – Deretan bencana mengerikan menghampiri Indonesia pada awal tahun 2024. Padahal, tahun baru ini baru berjalan sekitar enam hari, tapi berbagai bencana telah merenggut sejumlah nyawa. Hal tersebut tentu saja menjadi fokus utama semua orang agar terhindar bencana. 

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Bencana alam maupun peristiwa tertentu memang bisa terjadi kapan saja, termasuk awal tahun. Namun, beberapa peristiwa di bawah ini membuat banyak orang bergidik ngeri lantaran terjadi secara berurutan. Nah, buat kamu yang penasaran, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Gempa Sumedang

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Ratusan pasien RSUD dievakuasi akibat Gempa Sumedang.

Photo :
  • Antara.

Gempa bumi terjadi di Indonesia pada hari pertama tahun 2024. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa dangkal berkekuatan Magnitudo 4,5 terjadi di kawasan Sumedang, Jawa Barat pada Senin, 1 Januari 2024 pukul 20.46. 

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Dalam bencana kali ini, gempa susulan berkali-kali terjadi hingga sekitar 6 kali getaran. Sebanyak 248 rumah mengalami kerusakan dengan rincian 138 rumah rusak ringan dan 110 rumah rusak berat. Sementara itu, 456 warga terpaksa harus mengungsi. 

2. Tsunami Jepang

Gempa Jepang menyebabkan tanah seperti bernafas.

Photo :
  • X

Bukan hanya Indonesia, gempa bumi juga sempat melanda Jepang dengan kekuatan mencapai magnitudo 7,4 sampai 7,5 yang berpusat di pulau utama Honshu, Prefektur Ishikawa. Magnitudo gempa ini bahkan memicu gelombang tsunami 40 sentimeter sampai 1,2 meter. 

Selain itu, pemerintah daerah Ishikawa juga melaporkan hampir 400 orang mengalami luka-luka dan puluhan ribu warga lainnya menghadapi krisis listrik dan air bersih. Sementara itu, korban jiwa yang tercatat akibat gempa tersebut bertambah menjadi 73 orang. 

3. Banjir dan Tanah Longsor di Kerinci Jambi

Bus Masuk Sawah di Tengah Banjir Kerinci

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

Sejumlah desa di wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Jambi, terendam banjir dengan ketinggian air lebih dari 50 cm atau di atas lutut orang dewasa. Akibat bencana tersebut, ratusan keluarga harus mengungsi di tempat yang lebih aman. 

Menurut data banjir di Kabupaten Kerinci, banjir terjadi di sembilan kecamatan dan 45 desa, dengan rumah yang terencam mencapai 2.412 uni dan ada pula masjid, puskesmas, hingga fasilitas pendidikan. Banjir ini juga menyebabkan beberapa jembatan mengalami kerusakan. 

4. Gunung Lewotobi Laki-laki

Gunung Merapi kembali meletus.

Photo :
  • Twitter @bpptkg

Gunung Lewotobi Laki-laki di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi dalam beberapa hari terakhir sehingga membuat lebih dari 2.000 orang mengungsi, sekolah diliburkan, dan bandara ditutup. Sebagian pengungsi memerlukan makanan, obat-obatan, dan air bersih. 

Pemkab Flores Timur, NTT juga menetapkan status siaga darurat bencana alam imbas erupsi gunung tersebut. Status ini berlaku sejak 1 Januari 2024 sampai 14 Januari 2024. Penetapan status ini melihat adanya peningkatan atas aktivitas gunung dari Level II ke Level III. 

5. Kecelakaan Kereta Api

Evakuasi Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka Jawa Barat

Photo :
  • (Foto AP/Abdan Syakura)

Kecelakaan kereta Commuterline Bandung Raya dengan Kereta Turangga di petak Jalan Haurpugur-Cicalengka menambah panjang daftar kecelakaan kereta di Indonesia. Kecelakaan ini pada Jumat, 5 Januari 2024 sekitar pukul 06.03 WIB pagi tadi. 

Kecelakaan kereta api (KA) yang terjadi antara Commuterline Bandung Raya dengan KA Turangga membuat heboh media sosial dan telah memakan korban jiwa empat orang yang terdiri atas masinis, asisten masinis, pramugara, dan security kereta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya