Posko Siaga Gunung Marapi Mulai Didirikan

Erupsi Gunung Marapi dibarengi dentuman keras Sabtu pagi, 30 Desember 2023
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Sumatera Barat – Asisten Satu Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rahman menyebut pihaknya sudah mendirikan posko siaga Marapi menyusul kenaikan status gunung Marapi dari level II (Waspada) menjadi level III (Siaga). 

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Posko itu kata Rahman, didirikan di dua tempat dengan risiko tinggi terdampak yakni di kawasan Batu Palano dan Bukit Batabuah. Lalu, menyusul satu posko di wilayah Limo Kampung. Tujuannnya, untuk penyelenggaraan komando dan koordinasi. 

Gunung Marapi, Sumbar.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)
Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

"Kita juga mendata jumlah pasti warga yang berada di radius tidak aman sesuai apa yang diarahkan atau direkomendasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)," kata Rahman, Jumat 12 Januari 2024.

Ia menjelaskan, pendirian posko siaga Gunung Marapi itu disepakati pasca digelar rapat koordinasi di Desa Batu Palano bersama TNI, Polri, perwakilan dari PVMBG dan Wali Nagari atau Kepala Desa setempat.

Kloter Pertama Jemaah Haji Sumbar Terbang ke Tanah Suci 12 Mei 2024

Selain posko siaga kata Rahman, pihaknya juga sudah menyiapkan titik-titik pengungsian agar kemudian tujuan penyelamatan atau evakuasi bisa tercapai.

Gunung Marapi, Sumbar.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)

Terkait dengan tanggap darurat, menurut Rahman pihaknya akan mengkaji ulang. Jika kemudian penetapan status tanggap darurat dirasa perlu, maka akan dikoordinasikan setelah melakukan pendataan dan monitoring di lapangan. 

"Pemerintah Kabupaten Agam akan melihat perkembangan dan evaluasi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) selaku koordinator lapangan bekerjasama dengan TNI-Polri," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya