Kronologi Demo Ricuh di Depan Kantor Bupati Konawe, Dua Polisi Terbakar

Polisi mengalami luka bakar saat penanganan demo ricuh di kantor Bupati Konawe
Sumber :
  • VIVA/Supriadi Maud

Konawe - Aksi unjuk rasa berujung ricuh di depan Kantor Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Senin 15 Januari 2023. Kericuhan itu membuat dua anggota Kepolisian mengalami luka bakar.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Kasatreskrim Polres Konawe Iptu Patria W. Sigit mengatakan, kericuhan itu dipicu karena persoalan tanah dari Kerukunan Keluarga Napooha dan Walanapo (Kanawa). Pihak kepolisian yang melakukan pengamanan lantas mendapat perlawanan dan terkena kobaran api dari pendemo.

"Demonstrasi terkait persoalan tanah membuat dua personel polisi yang mengamankan unjuk rasa di depan Kantor Bupati Konawe mengalami luka bakar dari pendemo," kata Iptu Patria dalam keterangannya, Senin 15 Januari 2023.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Polisi mengalami luka bakar saat penanganan demo ricuh di kantor Bupati Konawe

Photo :
  • VIVA/Supriadi Maud

Dia menjelaskan bahwa insiden itu bermula saat massa aksi melakukan unjuk rasa di depan Kantor Bupati Konawe di Kelurahan Inolobunggadue, Kecamatan Unaaha. Mereka meminta agar Pj Bupati Konawe Harmin Ramba menemui mereka dan membahas persoalan mafia tanah di wilayah tersebut.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Massa aksi, kata Patria, mulai mendesak dengan membakar ban di depan gerbang Kantor Bupati Konawe sekitar pukul 09.40 Wita. Pihak kepolisian dan Satpol PP Pemkab berusaha menenangkan malah mendapat perlawanan lantaran massa aksi tak terima jika Pj Bupati tak menemui mereka.

"Massa aksi menggelindingkan ban bekas ke arah pintu gerbang sambil menyiramkan bensin untuk dibakar. Mereka tidak menerima kalau bukan Pj Bupati yang menemui. Jadi mereka menggelindingkan ban kedua yang sudah disiram bensin dan langsung disulut dengan korek api," bebernya.

Unjuk rasa di depan kantor Bupati Konawe berujung ricuh

Photo :
  • VIVA/Supriadi Maud

Akibat pembakaran ban itu, kata Patria,  dua polisi yang berada di lokasi terkena kobaran api tersebut. Kedua polisi yang menjadi korban yakni Kasat Binmas AKP Kadek Sudiadnyana dan Aiptu Amin Sutiarso.

"Polisi yang alami luka bakar yakni Kasat Binmas Polres Konawe AKP Kadek Sudiadnyana dan Aiptu Amin Sutiarso,"ungkapnya.

Patria menyebut bahwa kedua personil polisi tersebut telah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk menjalani perawatan akibat luka bakar yang dialami. Kedua personil polisi tersebut mengalami luka bakar di wajah dan tangan.

"AKP Kadek Sudiadnyana dan Aiptu Amin Sutiarso menderita luka bakar di bagian wajah muka tangan," ungkapnya.

Saat ini, pihak kepolisian Resort Konawe telah menahan 10 pendemo dan melakukan penyelidikan terkait insiden pembakaran ban tersebut. "Kami melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap 10 yang diduga terkait dengan insiden pembakaran ban bekas tersebut," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya