Anies Angkat Bicara Soal Rekaman Diduga Suaranya dengan Surya Paloh Beredar di Medsos

Anies Baswedan Kampanye Akbar di DIY
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Yogyakarta – Rekaman suara yang diduga merupakan percakapan capres nomor urut 1 Anies Baswedan dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh beredar di media sosial. Rekaman suara percakapan membahas tentang debat dan elektabilitas Anies dan Cak Imin di Pilpres 2024 ini viral.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Anies Baswedan angkat bicara tentang rekaman suara itu. Anies memastikan rekaman suara yang beredar itu merupakan hoaks.

Anies menyebutkan, dalam kampanye Pilpres 2024 ini silakan semua pendukung paslon untuk berkampanye dengan cara-cara yang baik. Anies meminta jangan sampai menyebarkan kebohongan-kebohongan untuk kampanye.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan saat kampanye akbar di GOR Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, 22 Januari 2024.

Photo :
  • ANTARA/M Fikri Setiawan

"Kalau ada informasi yang datang, dicek kebenarannya. Sudah ada tempat-tempat untuk merujuk apakah ini hoaks atau bukan," kata Anies di Lapangan Jambidan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Selasa, 23 Januari 2024.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

"Kedua bagi semua yang terlibat, gunakanlah kampanye yang baik. Yang sesuai dengan prinsip-prinsip. Jangan menggunakan pembohongan-pembohongan untuk berkampanye," ujqr Anies.

Anies menduga rekaman suara itu dibuat menggunakan artificial intelligence (AI). Kecanggihan penggunaan AI ini dianggap Anies bisa membuat seolah-olah gambar maupun audio visual mirip dengan aslinya.

Anies menambahkan, kejadian serupa pernah terjadi saat Pilpres di Amerika Serikat. 

"Kita harus kritis saja. Sekarang ada artificial intelligence (AI) yang bisa membuat bahkan gambar audio visual tampak seperti asli. Itu ketika kampanye Pilpres di Amerika Serikat saja sudah ada," kata Anies

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya