Mahfud Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Jokowi: Saya Sangat Menghargai

Jokowi saat perkenalkan Mahfud MD jadi Menko Polhukam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Menteri Kabinet Indonesia Maju tetap solid meskipun Mahfud MD menyampaikan pengunduran diri dari jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

“Sangat solid,” kata Jokowi pada Rabu, 31 Januari 2024.

Memang, Jokowi mengaku belum mendapatkan laporan secara resmi terkait mundurnya Mahfud dari Menko Polhukam. Namun, ia tentu menghormati apapun keputusan yang diambil oleh Mahfud tersebut.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Itu hak, saya sangat menghargai. Sampai detik ini saya belum mendapatkan laporan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Mahfud MD mengumumkan akan mundur dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI. Pengumuman itu disampaikan secara langsung di Lampung Tengah, pada Rabu, 31 Januari 2024.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD

Photo :
  • Istimewa

"Saya membenarkan Pak Ganjar Pranowo bahwa paslon itu supaya mundur, termasuk Pak Mahfud. Saya katakan saya memang sudah lama bersepakat dengan Pak Ganjar untuk mundur, tapi nunggu momentum," kata Mahfud di Lampung Tengah, Rabu, 31 Januari 2024.

Ia pun mengatakan sudah membawa surat pengunduran diri dari jabatan menteri. Namun, tetap menunggu untuk memberikan langsung surat pengunduran diri itu kepada Presiden Jokowi. 

"Hari ini saya sudah membawa surat untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi perbincangan publik, dan surat ini akan disampaikan begitu saya mendapatkan jadwal ketemu dengan Presiden, tapi saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu, begitu saya ketemu langsung, saya sampaikan surat ini," kata dia. 

Jokowi dan Mahfud MD

Photo :
  • VIVAnews/Erick Tanjung

Sebelumnya, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD jawab soal isu mundur dari Menko Polhukam RI. Ia mengaku akan mundur pada saat waktu yang tepat, bukan sekarang. Kabar Mahfud mau mundur terus mencuat.

"Bahwa, saya pada saatnya yang tepat, nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik," kata Mahfud MD dalam acara 'Tabrak Prof' di Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 23 Januari 2024.

Mahfud juga menyebut hubungannya dengan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo baik-baik saja. Dia menyebut beberapa alasan dirinya tak mundur dari Menko Polhukam saat ini karena peraturan tak melarang pejabat untuk mencalonkan diri sebagai capres ataupun cawapres. 

"Jadi, tidak ada pertentangan antara saya dengan pak Ganjar. Menurut aturan, itu tidak dilarang. Dulu yang tidak dilarang itu ya menteri, terus pejabat-pejabat pusat lah. Tapi, jelang Pilpres yang kemarin ditambah lagi aturannya, maka Wali Kota ya tidak harus mundur, aturannya ditambah," tutur Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya