Polri Klaim Keamanan Masyarakat Kondusif di Masa Tenang Sebelum Pencoblosan Pemilu 2024

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho
Sumber :
  • dok Polri

Jakarta - Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho, mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan menjelang hari pencoblosan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari pekan depan.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

“Kepada seluruh masyarakat mari kita bergandengan tangan, menguatkan kembali Kebhinekaan sambil menanti terpilihnya pemimpin nasional dan wakil-wakil rakyat yang baru,” kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu 11 Februari 2024.

Sandi mengatakan, Polri juga telah diberikan tanggung jawab keamanan untuk mendukung terselenggaranya Pemilu 2024 yang aman, damai, dan bermartabat. Sandi juga memastikan Polri bersama dengan TNI dan seluruh komponen bangsa siap menjaga keamanan proses Pemilu 2024 hingga tuntas.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Sejauh ini, Sandi mengatakan keamanan dan ketertiban masyarakat kondusif lantaran kolaborasi dan koordinasi dengan seluruh elemen masyarakat berjalan baik. Sandi pun mengajak seluruh elemen masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan, untuk bersama-sama menciptakan keteduhan dan kondusivitas menjelang pencoblosan hingga terpilihnya kepemimpinan nasional dan anggota legislatif.

“Polri mengucapkan terima kasih kepada semua elemen bangsa yang telah membantu Polri merawat perbedaan preferensi politik masyarakat selama setahun terakhir, namun tetap dalam semangat kekeluargaan dengan menjaga toleransi dan semangat Kebhinekaan dalam frame Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Sandi bilang dalam memastikan pengamanan dan keamanan Pemilu 2024, Polri beserta jajaran yakni polda dan polres telah memetakan potensi kerawanan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) dan geografis dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2024.

Dia juga mengatakan Polri hadir di tengah-tengah masyarakat melalui Bhabinkamtibmas, patroli perintis presisi dan asistensi seluruh personel Polri dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

“Serta bekerja sama dengan seluruh stakeholder seperti TNI, Pemda, KPU dan Bawaslu termasuk seluruh elemen masyarakat,” kata Sandi.

Dia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan kritik dan sarannya kepada pihaknya dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.

“Diucapkan terima kasih atas segala masukan dan saran kepada Polri dalam merawat demokrasi selama rangkaian proses Pemilu 2024,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya